Profile

Larry Coryell

Lahir dan dibesarkan di Galveston, Texas, AS, 2 April 1943. Dia tidak pernah mengenal ayah kandungnya, yang seorang musisi. Coryell dibesarkan oleh ayah tirinya Gene yang seorang insinyur kimia, dan ibunya Cora yang mendorongnya untuk belajar piano ketika dia berusia empat tahun.

Di masa remajanya dia beralih ke gitar, setelah pindah ke Richland, Washington DC.

Coryell mengambil pelajaran dari seorang guru yang meminjamkannya album Les Paul, Johnny Smith, Barney Kessel, dan Tal Farlow.

Dia menyukai musik blues dan pop, mencoba memainkan jazz ketika dia berumur 18 tahun, mendengarkan permainan Wes Montgomery yang telah mengubah jalan hidupnya.

Coryell lulus dari Richland High School, di mana dia bermain di band-band lokal seperti: The Jailers, The Rumblers, The Royals, dan The Flames. Dia juga bermain dengan Chequers dari Yakima, kemudian Coryell pindah ke Seattle untuk kuliah di University of Washington.

Pada September 1965, Coryell pindah ke New York City, di mana dia bersekolah di Mannes School of Music.

Coryell menggantikan gitaris Gabor Szabo di kuintet Chico Hamilton. Pada tahun 1967-1968, dia rekaman dengan Gary Burton. Selama pertengahan 1960-an, dia bermain dengan kelompok Free Spirits, band rekaman pertamanya.

Di tahun 70-an, Coryell memimpin grup Foreplay dengan Mike Mandel, temannya sejak masa kanak-kanak dan merilis beberapa album: “Barefoot Boy”, “Offering”, dan “The Real Escape”. Kemudian dia membentuk kelompok The Elevent House pada tahun 1973, juga merilis beberapa album dengan drummer, Alphonso Mouzon.

Coryell merekam dua album duet dengan gitaris Philip Catherine. Pada tahun 1979, dia membentuk The Guitar Trio bersama John McLaughlin dan Paco de Lucia. Grup ini melakukan tur ke Eropa sebentar, merilis album video yang direkam di Royal Albert Hall London berjudul “Meeting of Spirits”.

Pada awal 1980-an, Coryell kecanduan narkoba menyebabkan posisinya digantikan oleh Al De Miola. Dia merekam bersama dengan gitaris Emily Remler yang meninggal pada tahun 1990.

Larry Corryel dijuluki “Godfather of Fusion”.

Mulai dari tahun 2010, Coryell melakukan tur dan merekam sesekali dengan trio yang termasuk pianis John Colianni serta bassis Daryl Johns dan Jim Commack.

Larry Coryell, gitaris ini meninggal karena gagal jantung pada Minggu, 19 Februari 2017, di kamar hotel New York di usia 73 tahun.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker