Profile

Ishmael Wadada Leo Smith

Ishmael Wadada Leo Smith adalah seorang pemain trompet dan komposer yang beraliran jazz avant-garde dan improvisasi bebas. Dia adalah salah satu dari tiga finalis untuk Penghargaan Pulitzer 2013 untuk, “Music for Ten Freedom Summers”, yang dirilis pada 22 Mei 2012.

Dilahirkan pada 18 Desember 1941, di Leland, Mississippi, AS. Mulai belajar bermain drum, mellophone, dan French horn sebelum memilih trompet. Smith diberbagai grup R&B dan pada tahun 1967 ia menjadi anggota AACM (The Association for the Advancement of Creative Musicians) sebuah organisasi non profit, dan ikut mendirikan Creative Contruction Company, sebuah trio dengan: Leroy Jenkins dan Anthony Braxton.

Pada tahun 1971, Smith mendirikan lebelnya sendiri, Kabel Records. Dia juga membentuk band lain, New Dalta Ahkri, dengan anggota Harry Threadgill, Anthony Davis dan Oliver Lake.

Pada 1970-an, Smith belajar etnomusikologi di Universitas Wesleyan. Dia bermain lagi dengan Anthony Braxton, serta rekaman dengan Derek Bailey’s Company. Pada pertengahan 1980-an, Smith menjadi Rastafarian dan mulai menggunakan nama Wadada.

Di tahun 1993, ia mulai mengajar di Cal Arts, posisi yang dipegangnya hingga 2014.

Selain trompet dan flugelhorn, Smith memainkan beberapa alat musik dunia, termasuk koto, kalimba, dan atenteben (seruling bambu Ghana). Dia juga mengajar kursus pembuatan instrumen.

Komposisinya sering menggunakan notasi grafis sistem yang dia sebut “Ankhrasmation”, yang dia kembangkan pada tahun 1970.

Pada 2008, Smith dan gitaris Henry Kaiser merilis album, “Yo, Miles!” sebuah penghargaan untuk musisi Miles Davis. Di album ini, Smith dan Kaiser juga sejumlah besar musisi merekam versi sampul dan komposisi asli yang terinspirasi oleh musik elektrik Miles Davis.

Gold Quartet adalah grup yang dibentuk oleh Smith (di mana dia telah merilis beberapa album) awalnya menampilkan: Jack DeJohnette pada drum, Anthony Davis pada keyboard, dan Malachi Favors pada bass.

Setelah beberapa kali pengulangan, Gold Quartet kini menampilkan Phereon akLaff pada drum, John Lindberg pada bass, dan Anthony Davis pada piano.

Selama tahun 2000-an, Smith merekam album untuk lebel John Zorn, Tzadik, serta Pi Recordings. Di tahun 2008, ia dan Gold Quartet nya merilis DVD berjudul “Freedom Now”.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker