Profile

Mike LeDonne

Album, “It’s All Your Fault” dari pianis jazz Mike LeDonne telah berhasil terpilih sebagai “40 Album Jazz Teratas 2021” versi majalah JazzTimes.

Mike LeDonne kelahiran 26 Oktober 1956, di Bridgeport, Connecticut, AS, adalah seorang pianis dan organis yang dikenal dengan aliran post-bop dan hard-bop. Dia telah bekerja dengan Benny Golson sejak 1996 dan tampil di bawah namanya sendiri di seluruh dunia.

LeDonne anak dari seorang pengelola toko musik. Ayahnya adalah seorang gitaris jazz dan LeDonne mulai tampil secara lokal sekitar usia sepuluh tahun. Dia juga menimba ilmunya dengan John Mehegan selama empat tahun.

Setelah lulus dari New England Conservatory of Music di mana dia belajar dengan Jaki Byard pada tahun 1978, setelah itu LeDonne pindah ke New York City dan bergabung dengan Widepread Depression Jazz Orchestra. Ia meninggalkan band itu pada tahun 1981 dan melakukan tur ke Inggris bersama: Panama Francis dan Savoy Sultans.

Kembali ke New York, LeDonne menjadi pianis rumah di Jimmy Ryan’s, di mana dia bermain dengan beberapa nama besar dalam jazz selama 1981-1983. Ia juga bagian dari Sextet Benny Goodman pada tahun 1982-1983.
LeDonne bergabung dengan kuarter Milt Jackson sekitar tahun 1987, dia juga menggubah dan merekam dengan band dan akhirnya menjadi direktur musik. Rekaman pertamanya sebagai pemimpin band adalah pada tahun 1988.

Permainannya menurut sebuah media yang bernama Grove mencerminkan permainan: Hank Jones dan Tommy Flanagan, terutama seorang pianis bop. Ia memperkenalkan tangan kiri yang kuat ke dalam karyanya dan mengungkapkan pemahaman permainan piano berayun. Pengaruh besarnya juga termasuk: Wynton Kelly, Cedar Walton dan McCoy Tyner.

Permainan Hammond Organ nya menunjukkan pengaruh mulai dari: Jimmy Smith, Don Patterson dan Charles Earland hingga Melvin Rhyne dan Larry Young.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker