Profile

Terri Lyne Carrington – Drummer, komposer, produser, dan pendidik pemenang GRAMMY tiga kali

Terri Lyne Carrington adalah NEA Jazz Master, Doris Duke Artist, dan drummer, komposer, produser, dan pendidik pemenang GRAMMY tiga kali. Dia adalah pendiri dan direktur artistik Berklee Institute of Jazz and Gender Justice, serta direktur artistik untuk program Next Jazz Legacy (kolaborasi dengan New Music USA) dan Carr Center di Detroit. Dia telah tampil di lebih dari 100 rekaman selama 40 tahun karirnya dan telah melakukan tur dan rekaman dengan tokoh-tokoh terkenal seperti Herbie Hancock, Wayne Shorter, Stan Getz, Esperanza Spalding, dan banyak lainnya.

Ia telah mendapatkan gelar doktor kehormatannya dari York University, Manhattan School of Music dan Berklee College of Music, atas kesenian, komitmennya terhadap pendidikan dan karya kuratorial serta arahan musiknya telah ditampilkan di banyak institusi bergengsi secara internasional.

Rilisan 2019 yang diakui secara kritis, Waiting Game, dari Terri Lyne Carrington + Social Science, mendapatkan Edison Award untuk musik dan nominasi GRAMMY.

Pada musim gugur 2022, dia menulis dua buku, Three of a Kind (The AllenCarringtonSpalding Trio) dan koleksi buku lagu mani, New Standards: 101 Lead Sheets By Women Composers.

Albumnya saat ini yang masuk nominasi GRAMMY, New Standards Vol.1 (Candid Records), dan debut kuratorial seni visualnya di Detroit’s Carr Center, Shifting the Narrative Part 1: New Standards, telah menyertai perilisan buku lagu sebagai bagian dari Proyek Jazz Tanpa Patriarki .

Carrington adalah orang yang dilantik pada tahun 2022 di American Academy of Arts and Sciences dan merupakan co-executive producer dan music director untuk Jazz Music Awards yang baru dibentuk.

Recording Academy telah mengumumkan Terri Lyne Carrington sebagai penerima penghargaan atas pencapaian mereka sebagai pelopor wanita dalam musik jazz. Ia akan mendapat penghargaan di Recording Academy Producers & Engineers Wing GRAMMY Week Event pada 1 Februari di The Village Studios di Los Angeles. Acara tahunan ke-15 akan kembali secara langsung untuk pertama kalinya sejak 2020, untuk memulai GRAMMY Week 2023.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker