Profile

Brian Culbertson multi-instrumentalis di jalur Jazz, New Age, Pop dan R&B

Perancang 40 single Billboard No. 1

Dengan katalog 25 album dan perancang 40 single Billboard No. 1 sebagai multi-instrumentalis, penulis lagu, dan produser, Brian Culbertson telah memetakan jalur uniknya sendiri dalam musik.

Beri dia label jazz dan dia membuat rekaman funk. Sebut dia artis R&B dan dia menjatuhkan koleksi trio jazz akustik. Beri dia pop dan dia menciptakan karya New Age berdurasi 32 menit. Dan Anda akan kesulitan menyebutkan nama instrumentalis lain sejenisnya yang dapat memasang produksi konser yang dirancang dengan rumit yang akan membuatnya tetap di jalan selama tiga bulan berturut-turut.

Culbertson muncul pada tahun 1994 dengan album yang menduduki puncak tangga lagu yang dia rekam di apartemen kampusnya yang menampilkan lagu-lagu jazz kontemporer. ‘Long Night Out’ memberinya kontrak rekaman yang panjang dan sebagai penanda seorang bintang telah lahir.

Mereka ulang suara keren secara langsung untuk para penggemar adalah bagian terbaik saat Culbertson dan bandnya memulai tur, memainkan lebih dari 70 konser di seluruh AS. Selain membawakan sebagian besar album baru, setlistnya kerap mencakup potongan-potongan dari buku lagu Culbertson yang berisi lagu-lagu hit bersama dengan segmen yang menampilkan lagu-lagu dari ‘Winter Stories,’ sebuah album yang dirilis musim gugur 2020 lalu yang menempatkannya dalam pengaturan trio jazz akustik untuk pertama kalinya.

Sebagai pemain yang bersemangat, Culbertson cermat bekerja dan kerap menghabiskan waktu berbulan-bulan dalam praproduksi untuk menciptakan visual yang memukau – pementasan, pencahayaan, lemari pakaian, dan efek – untuk menampilkan pertunjukan yang memesona setiap kali dia naik panggung.

Menengok daftar prestasinya mulai dari Oasis Smooth Jazz Awards, Amerikan Smooth Jazz Awards, Hang Club Fan Adoration Awards, Canadian Smooth Jazz Awards dan sejumlah penghargaan lainnya tertera panjang di laman pribadinya.

Musisi yang di endorse oleh Roland, Mason & Hamlin ini berulang tahun pada 12 Januari (lahir 1973) sedang menyiapkan New Orleans Jazz Getaway yang akan berlangsung awal 2024 mendatang.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker