Profile

Jussi Lehtonen – Drummer aktif dari Helsinki Finlandia

Nama drummer Jussi Lehtonen masuk dalam jajaran penting dalam skena jazz Helsinki  dan itu dibuktikan dengan partisipasinya bersama band-band top selama sepuluh tahun terakhir.

Permainannya dikenal energik, sensitif dan swinging, dan dia bisa bermain dengan berbagai gaya. Lehtonen juga memimpin beberapa grup dengan namanya sendiri dan menyusun serta mengaransemen materinya sendiri. CD debutnya sebagai pemimpin (“Anak Sulung”, Texicalli Records) dirilis pada Maret 2009.

Lehtonen merekam dua album untuk Blue Note dengan U-Street All Stars dan muncul di beberapa rekaman lainnya. Dia telah melakukan tur secara ekstensif di Eropa, dan juga di Amerika Utara, Jepang dan Indonesia tepatnya bermain di Bali Jazz Festival selain konser di Jakarta dan Bandung pada tahun 2005 bersama Eero Koivistioinen Trio.

Lehtonen telah tampil dan merekam dengan nama-nama terkenal seperti Randy Brecker, Tim Hagans, Wayne Krantz, Orkestra Jazz Stockholm, Band Besar Norrbotten, Orkestra Jazz UMO, Rick Margitza, Jukkis Uotila, Palle Danielsson, Nils Landgren, Scott Kinsey dan Marc Bernstein.

Namun, kemunculannya ke perhatian yang lebih luas akan didorong oleh album keempatnya Live at Koko Jazz Club (Koko Records, 2018). Selain itu, Lehtonen tiba di Tampere Jazz Happening dengan ansambel Finlandia-Estonia yang sama yang tampil di album live. Kuartet tersebut akan mendapat kehormatan untuk memainkan konser pembuka di tempat festival yang paling mirip klub jazz, Telakka tradisional.

Jussi Lehtonen (lahir 14 Januari 1977) menerima Yrjö Award dari organisasi Jazz Finlandia.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker