Profile

Nguyên Lê – Gitaris yang padukan jazz dan musik tradisional Vietnam

Nguyên Lê bermain diantara Rock, Funk, Pop, Standard, dan Avantgarde

Nguyên Lê adalah musisi jazz Prancis dan komposer keturunan Vietnam yang lahir 14 Januari 1959 yang awalnya bermain drum.

Instrumen utamanya adalah gitar, dan dia juga memainkan gitar bass dan synthesizer gitar. Dia telah merilis album sebagai pemimpin dan sebagai sideman. Albumnya tahun 1996 Tales from Viêt-Nam memadukan jazz dan musik tradisional Vietnam.

Nguyên Lê telah tampil bersama Randy Brecker, Vince Mendoza, Eric Vloeimans, Carla Bley, Michel Portal, Renaud Garcia-Fons, Per Mathisen, Marc Johnson, Peter Erskine, Trilok Gurtu, Paolo Fresu, Dwiki Dharmawan dan Dhafer Youssef.

Pada musim semi 2011 mereka merilis Songs of Freedom, sebuah album dengan cover version dari pop hits tahun 1970-an.

Nguyên Lê banyak terlibat dalam berbagai rekaman dan merilis lebih dari 15 album sebagai leader.

Sebagai sideman ia bekerjasama dengan Safy Boutella, Uri Caine Ensamble, ELB, Andy Emler Mega Octet, Paolo Fresu, François Moutin dan André Ceccarelli, Cæcilie Norby, Lars Danielsson, dan Leszek Możdżer, Romano/Sclavis/Texier + Enrico Rava,  Ultramarine dan Dhafer Youssef.

Sebagai musisi yang belajar mandiri, gitaris Nguyên Lê bermain diantara Rock, Funk, Pop, Standard, dan Avantgarde.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker