Profile

Pianis Gwilym Simcock bergerak diantara jazz dan musik klasik

Gwilym Simcock telah mengukir karir sebagai salah satu pianis paling berbakat dan komposer imajinatif di kancah Eropa. Dia bergerak dengan mudah antara jazz dan musik klasik, dengan ‘kecanggihan yang harmonis dan kecocokan yang halus dari tradisi musik’. Gwilym dipuji sebagai pianis dengan kemampuan ‘luar biasa’, ‘cemerlang’ dan ‘mempesona’, dan musiknya telah diakui secara luas sebagai ‘menarik, mengasyikkan, seringkali tak terduga, memikat secara melodi, kompleks namun sangat mudah diakses’, dan yang terpenting ‘sangat optimis’.

Gwilym mendapat pengaruh dari legenda jazz termasuk Keith Jarrett, Chick Corea, Jaco Pastorius dan Pat Metheny, hingga komposer klasik termasuk Maurice Ravel, Henri Dutilleux, Béla Bartók dan Mark-Anthony Turnage. Meskipun pada dasarnya adalah seorang seniman jazz, Gwilym telah menggubah banyak karya untuk ansambel Klasik yang lebih besar yang menggabungkan elemen-elemen yang dikomposisikan dengan improvisasi, menciptakan suara yang khas dan sangat khas miliknya.

Gwilym Simcock telah mengukir karir sebagai salah satu pianis paling berbakat dan komposer imajinatif di kancah Eropa.

Dalam beberapa tahun terakhir, Gwilym menjadi terkenal karena penampilan solonya, merilis album yang mendapat pujian kritis ‘Good Days at Schloss Elmau’ pada tahun 2011 dan melakukan tur ke seluruh Eropa dan ke tempat-tempat yang jauh seperti Australia, AS, Kanada, Korea, dan China. Untuk nama tapi beberapa.

Gwilym telah melakukan tur secara ekstensif dengan artis jazz terbaik Inggris dan internasional termasuk Dave Holland, Kenny Wheeler, Lee Konitz, Earthworks Bill Bruford, Bob Mintzer dan Bobby McFerrin. Dia ikut memimpin Anglo-American Supergroup ‘The Impossible Gentlemen’ bersama legenda Gitar Inggris Mike Walker, Steve Rodby dan Adam Nussbaum. Dia telah melakukan tur dengan virtuoso Klasik Nigel Kennedy. Dia saat ini sedang tur dengan Pat Metheny, Antonio Sanchez dan Linda Oh.

Karier Gwilym unik dalam menjangkau berbagai macam musik. Buktinya adalah fakta bahwa dia adalah BBC New Generation Artis pertama dari latar belakang Jazz, dan bahwa albumnya ‘Good Days at Schloss Elmau’ adalah album of the year pada tahun 2011 di penghargaan musik bergengsi Inggris, ‘Barclaycard Mercury Prize’. Dia telah tampil dengan orkestra, paduan suara, big band, penari serta tampil dengan musisi dari berbagai latar belakang termasuk tradisi klasik, jazz, folk dan rock. Gwilym juga telah menulis musik yang telah muncul di televisi dan di atas panggung, yang terakhir menggubah musik untuk adaptasi karya klasik Edward Albee ‘A Delicate Balance’ di teater Almeida di London. Dia sering muncul di televisi dan radio Inggris dan menjadi presenter tamu di ‘Saturday Classics’ di BBC Radio 3, dan baru-baru ini membimbing dan menemani para finalis di penghargaan BBC Young Jazz Musician of the Year pertama di BBC4 TV.

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker