Profile

Astrud Gilberto sang pelantun The Girl from Ipanema

Dia dikenal luas karena suaranya yang unik dan gaya bernyanyinya yang lembut dan romantis

Astrud Gilberto memiliki nama asli Astrud Evangelina Weinert adalah seorang penyanyi yang lahir pada 29 Maret1940 di Bahia, Brasil. Dia dikenal luas karena suaranya yang unik dan gaya bernyanyinya yang lembut dan romantis.

Dibesarkan di Rio de Janeiro, Astrud mahir dalam beberapa bahasa berkat ayahnya yang seorang profesor bahasa,

Pada tahun 1959, ia menikah dengan musisi João Gilberto yang sebelumnya ia kerap menjadi penyanyi latarnya.

“The Girl from Ipanema” direkam oleh Astrud Gilberto pada tahun 1963 yang menjadi bagian dari album Getz/Gilberto, yang juga menampilkan João Gilberto dan Stan Getz, tetapi kemudian dirilis sebagai singel pada tahun 1964.

Singel ini menjadi hit besar, membantu mempopulerkan bossa nova dan mengantarkan Gilberto sebagai bintang bossanova dunia yang membuatnya terkenal dan lagu “The Girl from Ipanema” merupakan salah satu lagu yang populer hingga kini.

Lagu ini memenangkan Grammy Award untuk Song of the Year dan dinominasikan untuk Best Vocal Performance by a female. Lagu ini terjual lebih dari satu juta kopi dan menerima penghargaan gold disc.

Setelah pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1963, Astrud Gilberto mulai berkeliling dengan Stan Getz. Ia kemudian merekam lagu-lagu dalam bahasa Portugis, Inggris, Spanyol, Italia, Prancis, Jerman, dan Jepang. Pada tahun 1965, ia merilis album solo pertamanya, The Astrud Gilberto Album. Pada tahun 1982, putranya Marcelo bergabung dengan grupnya sebagai pemain bass. Marcelo juga menjadi co-producer untuk album Live in New York (1996) dan Temperance (1997). Sementara itu, putra keduanya, Gregory Lasorsa, bermain gitar di album Temperance pada lagu “Beautiful You” yang menampilkan penyanyi Michael Franks.

Astrud Gilberto menerima Latin Jazz USA Award untuk Lifetime Achievement pada tahun 1992 dan dilantik menjadi anggota International Latin Music Hall of Fame pada tahun 2002. Ia juga turut berpartisipasi dalam album amal AIDS Red Hot + Rio pada tahun 1996 dengan membawakan lagu “Desafinado” bersama George Michael.

Meskipun tidak secara resmi pensiun, Astrud Gilberto mengumumkan pada tahun 2002 bahwa ia akan mengambil waktu istirahat dari penampilan di depan umum untuk waktu yang tidak ditentukan.

Selain berkarir di bidang musik, Astrud Gilberto juga dikenal sebagai seorang advokat hak-hak hewan. Ia menolak untuk tampil di tempat yang tidak memperhatikan kesejahteraan hewan.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker