Profile

Joe Henderson salah satu “The Big Ten” saksofonis jazz terbaik sepanjang masa

Joe Henderson adalah seorang saksofonis jazz Amerika yang lahir pada tanggal 24 April 1937. Dia dikenal sebagai salah satu pemain saksofon terkemuka pada era jazz modern dan sering dianggap sebagai salah satu dari “The Big Ten” saksofonis jazz terbaik sepanjang masa.

Joe Henderson dikenal karena teknik bermainnya yang inovatif dan penuh semangat, serta gaya bermusik yang sangat ekspresif dan intuitif. Dia juga sering mengeksplorasi berbagai genre musik dalam kariernya, termasuk fusion, latin jazz, dan avant-garde.

Henderson mulai bermain saksofon pada usia 9 tahun dan bermain profesional di klub-klub lokal pada awal 1960-an. Dia kemudian pindah ke New York City pada tahun 1962, di mana ia mulai bermain dengan banyak musisi terkenal seperti Kenny Dorham, Herbie Hancock, dan McCoy Tyner.

Salah satu album terkenal Henderson adalah “Page One” yang dirilis pada tahun 1963. Album ini menampilkan lagu klasik “Recorda Me” yang sering dicover oleh musisi jazz lainnya. Selain itu, Henderson juga menjadi anggota dari grup jazz terkenal seperti Horace Silver Quintet dan Jazz Messengers.

 

Beberapa album dan lagu terbaik dari Joe Henderson adalah:

  1. “Page One” (1963): Album debut Joe Henderson ini memperkenalkan lagu klasik “Recorda Me” yang sering dicover oleh musisi jazz lainnya. Album ini juga menampilkan musisi lain seperti Kenny Dorham dan McCoy Tyner.
  2. “Mode for Joe” (1966): Album ini dianggap sebagai salah satu karya terbaik Henderson. Album ini menampilkan sejumlah musisi jazz terkenal seperti Lee Morgan, Curtis Fuller, dan Bobby Hutcherson.
  3. “The State of the Tenor” (1985): Album live ini menampilkan Joe Henderson bersama dua musisi jazz legendaris lainnya, yaitu Ron Carter dan Al Foster. Album ini dianggap sebagai salah satu penampilan saksofon tenor terbaik sepanjang masa.
  4. “Lush Life: The Music of Billy Strayhorn” (1992): Album ini merupakan tribute untuk musisi jazz legendaris, Billy Strayhorn. Album ini dianggap sebagai salah satu karya terbaik Joe Henderson yang menampilkan aransemen yang indah dan penuh perasaan.
  5. “So Near, So Far” (1993): Album ini menampilkan Joe Henderson bersama dengan musisi jazz lainnya seperti John Scofield, Dave Holland, dan Jack DeJohnette. Album ini dianggap sebagai salah satu karya terbaik Henderson di era jazz fusion.

Selain itu pada tahun 1963, Joe Henderson merekam lagu “Blue Bossa” yang merupakan salah satu lagu terkenalnya yang ditulis oleh Jobim. Lagu ini menggabungkan elemen bossa nova dan jazz, dan menjadi hit yang sukses di kalangan penggemar jazz.

Joe Henderson juga merekam album “Double Rainbow” pada tahun 1980, yang merupakan kolaborasi dengan Jobim. Album ini terdiri dari beberapa lagu klasik Jobim, seperti “Desafinado” dan “Corcovado”, serta beberapa lagu orisinal karya Jobim dan Henderson.

Lagu-lagu lain yang terkenal dari Joe Henderson antara lain “Inner Urge”, “Black Narcissus”, dan “Caribbean Fire Dance”.

Joe Henderson meninggal pada tanggal 30 Juni 2001 dalam usia 64 tahun karena serangan jantung.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker