Profile

Ambrose Akinmusire sang trumpeter dengan inspirasi dari sumber non konvensional

Ambrose Akinmusire adalah seorang musisi jazz dan pemain trompet yang berasal dari Oakland, California. Sejak usia muda, Ambrose telah mulai mengembangkan konsep dan eksperimen dalam musiknya. Dia memperhatikan nilai dari kesuburan dalam jeda, komunikasi, dan ketegangan dalam musiknya.

Ambrose mempelajari genre musik lainnya seperti Bjork dan Chopin untuk mengambil inspirasi dan menerapkan kembali konsep tersebut ke dalam jazz.

Sebelum usianya mencapai delapan belas tahun, Ambrose telah tampil bersama beberapa musisi terkenal seperti Joe Henderson, Joshua Redman, Steve Coleman, dan Billy Higgins. Setelah lulus dari Berkeley High School, dia melanjutkan studinya di Manhattan School of Music dengan beasiswa penuh. Selama belajar, Ambrose terus menampilkan konsep dan suaranya pada publik, seperti bersama dengan Lonnie Plaxico, Stefon Harris, Josh Roseman, Vijay Iyer, Charlie Persip, Mingus Big Band, dan San Francisco Jazz Collective.

Eksposur Ambrose terhadap musisi dengan pengalaman dan gaya bermain yang dinamis mendorong perkembangan gaya bermusiknya yang unik. Sekarang, ia sedang menempuh program Magister di USC dan menjadi anggota Monk Institute, dengan instruktur seperti Terence Blanchard, Billy Childs, dan Gary Grant. Tahun lalu, dia telah bekerja sama dengan beberapa artis terkenal seperti Jimmy Heath, Jason Moran, Hal Crook, Bob Hurst, Terri Lynne Carrington, Ron Carter, dan Wallace Roney, serta tampil di Vietnam bersama dengan Herbie Hancock dan Wayne Shorter.

Trajektori musik Ambrose terus berkembang dan mengambil inspirasi dari sumber yang tidak konvensional, mengungkapkan batasan-batasan yang nyaman dalam konsep jazz yang sudah mapan. Ambrose sangat menentang stagnasi dan selalu mencari gerakan, baik dalam musiknya maupun dalam kehidupannya. Dengan konsisten melakukan evaluasi dan mempunyai aspirasi untuk berkembang dan menciptakan keindahan, Ambrose mampu membawa musik jazz ke dalam dimensi yang lebih baru dan mendalam.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker