Profile

Tom Barford menjelajahi musik Jazz dengan penuh semangat

Tom Barford, pemain saksofon muda berbakat asal Inggris, telah menarik perhatian para penggemar jazz dunia dengan musiknya yang orisinil dan penuh semangat. Lahir dari keluarga musik, Tom tumbuh dengan kecintaan terhadap musik yang beragam, dari Frank Sinatra hingga Louis Armstrong.

Namun, minatnya dalam jazz tidak begitu kuat hingga dia mulai belajar dengan pengajar saxophone Will Osborne yang memberikan inspirasi besar kepadanya.

Tom bergabung dengan kursus Junior Jazz di Royal Academy of Music ketika berusia 16 tahun, sebelum berhasil mendapatkan beasiswa untuk mengikuti program Jazz Sarjana di Akademi tersebut pada tahun 2013, dan lulus dengan predikat First Class Honours pada tahun 2017.

Selama di Royal Academy of Music, Tom menjadi salah satu pemain muda yang paling menjanjikan di kancah jazz Inggris. Prestasinya kemudian terus menanjak dan ia berhasil memenangkan penghargaan Kenny Wheeler Prize pada tahun 2017. Ia merilis album pemenang Kenny Wheeler Prize-nya, Bloomer pada tahun 2018 melalui Edition Records.

Tom juga aktif sebagai pemimpin grup musiknya sendiri, AuB, sebuah quartet yang menampilkan Alex Hitchcock, James Maddren, dan Ferg Ireland. Mereka merilis album debutnya pada tahun 2020.

Selain itu, Tom juga terlibat sebagai sideman dalam beberapa grup musik, seperti The Tom Syson Group, Alberto Palau’s Flight Mode, dan Olli Martin Quintet. Tom telah tampil di berbagai tempat, termasuk Ronnie Scott’s, Jimmy Glass Jazz Club (tur ke Spanyol dengan Alberto Palau’s Flight Mode), Royal Albert Hall, Turner Sims Concert Hall, Kings Place, Cheltenham Jazz Festival, Brecon Jazz Festival, The Vortex, dan Pizza Express Soho.

Di luar panggung, Tom juga terlibat dalam beberapa proyek rekaman dan televisi, seperti “LEGO Marvel Superheroes 2” dan “LEGO DC Villains” – game soundtrack untuk komposer terkenal Ian Livingstone. Ia juga muncul di televisi bersama Tom Fletcher (Blue Peter), merekam album Slowly Rolling Camera Juniper (rilisan Edition Records), serta tampil live bersama The Temptations.

Melalui keberhasilannya di dunia jazz, Tom telah diakui sebagai artis Woodwinds D’Addario, sebuah prestasi yang patut dibanggakan. Musiknya yang orisinil dan penuh semangat menjadikan Tom Barford sebagai salah satu pemain jazz muda yang menjanjikan di Inggris dan di seluruh dunia.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker