Benny Golson sang legenda jazz

Benny Golson merupakan legenda jazz hidup yang berbakat dan terkenal secara internasional. Seorang komposer, pengaransemen, penulis lirik, produser, dan pemain saksofon tenor terkenal dunia. Ia lahir di Philadelphia, PA pada 25 Januari 1929.

Dibesarkan dengan latar belakang musik yang sangat baik, Golson telah bermain di band-band dunia seperti Benny Goodman, Dizzy Gillespie, Lionel Hampton, Earl Bostic, dan Art Blakey.

Hanya sedikit musisi jazz yang bisa mengklaim sebagai inovator sejati, dan bahkan lebih sedikit yang dapat bangga dengan karier pertunjukan dan rekaman yang benar-benar mendefinisikan istilah “jazz”. Benny Golson telah memberikan kontribusi besar bagi dunia jazz dengan lagu-lagu jazz standarnya seperti: “Killer Joe”, “I Remember Clifford”, “Along Came Betty”, “Stablemates”, “Whisper Not”, “Blues March”, “Five Spot After Dark”, dan “Are You Real?”.

Benny Golson adalah satu-satunya artis jazz yang masih hidup yang telah menulis 8 standar untuk repertoar jazz. Lagu-lagu jazz standarnya telah masuk ke dalam banyak rekaman di seluruh dunia selama bertahun-tahun dan masih terus direkam.

Dia telah merekam lebih dari 30 album untuk banyak perusahaan rekaman di Amerika Serikat dan Eropa dengan nama sendiri dan tak terhitung jumlahnya dengan artis besar lainnya. Sebagai penulis yang produktif, Golson telah menulis lebih dari 300 komposisi.

Selama lebih dari 50 tahun, Golson telah menikmati karier musik yang gemilang, di mana ia tidak hanya membuat puluhan rekaman tetapi juga menggubah dan menyusun musik untuk: Count Basie, John Coltrane, Miles Davis, Sammy Davis Jr., Mama Cass Elliott, Ella Fitzgerald, Dizzy Gillespie, Benny Goodman, Lionel Hampton, Shirley Horn, David Jones dan the Monkees, Quincy Jones, Peggy Lee, Carmen McRae, Anita O’Day, Itzhak Perlman, Oscar Peterson, Lou Rawls, Mickey Rooney, Diana Ross, The Animals (Eric Burden), Mel Torme, George Shearing sampai Dusty Springfield.

Karyanya yang produktif termasuk skor untuk serial TV dan film terkenal:

MAS*H, Mannix, Mission Impossible, Mod Squad, Room 222, Run for Your Life, The Partridge Family, The Academy Awards, The Karen Valentine Show, Acara khusus televisi untuk ABC, CBS, dan NBC Acara khusus televisi untuk BBC di London dan Copenhagen, Denmark Tema untuk acara TV terakhir Bill Cosby, Film Prancis ‘Des Femmes Disparaissent” (Paris)

Ia telah menulis musik untuk iklan radio dan televisi nasional untuk beberapa agensi periklanan terkemuka di negara ini. Beberapa iklan tersebut adalah untuk:

Borateem, Canada Dry, Carnation, Chevrolet, Chrysler, Clorox, Dodge, General Telephone, Gillette, Heinz Foods, Jack in The Box, Liquid Plum’r, MacDonald’s, Mattel Toys, Monsanto, Nissan, Ohrbachs, Ore-Ida Frozen Potatoes, Parliament Cigarettes, Pepsi Cola, Texaco

Benny Golson memiliki penguasaan mutlak terhadap medium jazz. Ia tidak hanya telah membuka jalan di dunia jazz tetapi juga bersemangat untuk mengajarkan jazz kepada yang muda dan yang tua. Ia pernah memberikan kuliah di Lincoln Center melalui serangkaian khusus oleh Wynton Marsalis. Ia pernah memberikan kuliah kepada kandidat doktoral di New York University dan kepada fakultas di National University di San Diego.

http://www.bennygolson.com/
https://youtube.com/results?search_query=Benny%20Golson
https://en.wikipedia.org/wiki/Benny_Golson

Exit mobile version