Miguel Zenón sang saksofonis nominator Grammy dan Guggenheim serta MacArthur Fellow

Lahir di San Juan, Puerto Rico 30 Desember 1976, Miguel Zenón belajar saksofon di Escuela Libre de Musica yang terkenal; sebuah lembaga yang memiliki alumni terkemuka di seluruh dunia musik. Meskipun Zenón mendengarkan dan menjelajahi musik Charlie Parker dan tokoh jazz lainnya selama sekolah menengah, baru ketika ia memulai studinya di Berklee School of Music, di mana ia mendapatkan beasiswa dari Puerto Rico Heineken Jazz Festival, pelatihan jazz formalnya dimulai.

Zenón berhasil di Berklee dan menerima Berklee Best Scholarship Award, Frederic Cameron Weber Award, dan hibah dari Corporation of Musical Arts selama kuliah. Pada saat ini juga, ia aktif dalam adegan jazz di daerah Boston dan mendapatkan pengalaman profesional dengan grup Mozamba milik drummer Bob Moses dan Either/Orchestra.

Setelah lulus pada tahun 1998, Zenón mendapatkan beasiswa untuk menghadiri Manhattan School of Music di New York City di mana ia mendapatkan gelar Master dalam Saxophone Performance pada tahun 2001. Daftar terhormat musisi/pendidik yang telah dia pelajari meliputi: Angel Marrero, Leslie Lopez, Rafael Martinez, Danilo Perez, Dick Oatts, Dave Liebman, George Garzone, dan Bill Pierce.

Dalam karirnya yang singkat namun cukup gemilang, Zenón telah tampil dan/atau merekam dengan berbagai seniman dan grup termasuk David Sanchez, Danilo Perez, Afrorican Jazz milik William Cepeda, Mozamba milik Bob Moses, Either/Orchestra, Village Vanguard Orchestra, Guillermo Klein Big Band, Mingus Big Band, Charlie Haden, David Murray Big Band, Jason Lindner Big Band, Brian Lynch, Bobby Hutcherson, Greg Tardy, Branford Marsalis, Ray Barretto, Steve Coleman, Michele Rosewoman, dan Ed Simon, antara lain.

Ia telah merilis tiga album sebagai pemimpin. Yang pertama, “Looking Forward” untuk label Fresh Sound Talent, dipilih oleh The New York Times dan TomaJazz Magazine sebagai salah satu dari 10 CD Jazz terbaik tahun 2002. Yang kedua, “Ceremonial”, dirilis pada tahun 2004 oleh Marsalis Music. Zenon adalah salah satu artis pertama yang diambil alih oleh label ini, yang didirikan oleh saxophone great Branford Marsalis. Miguel menduduki peringkat pertama dalam “2004, 2005, dan 2006 Downbeat Magazine Critics Poll” untuk “Alto Saxophone Deserving Wider recognition.”

Miguel Zenón, saksofonis jazz dan komposer berbakat, membawa warna baru ke dalam genre ini. Kelahiran San Juan dan penerima MacArthur Fellowship (2008) ini telah merilis karya-karya inovatif yang menggabungkan warisan Puerto Rico dengan visi modern.

Selain tur dengan quartetnya di seluruh AS dan Eropa, grup Zenon terpilih pada tahun 2003 untuk melakukan perjalanan ke Afrika sebagai bagian dari program Jazz Ambassador yang disponsori oleh Kennedy Center dan Departemen Negara. Ia telah menjadi klinikus di University of Manitoba di Winnipeg, Kanada, Le Moyne College di Syracuse, New York, dan di Diaz Institute di Houston, Texas.

Ia juga menjadi instruktur saksofon pribadi di departemen jazz The New School, New York City sejak tahun 2003.

Pada April 2008, Zenón menerima fellowship dari John Simon Guggenheim Foundation yang bergengsi. Pada tahun yang sama, ia menjadi salah satu dari 25 individu terkemuka yang dipilih untuk menerima MacArthur Fellowship yang prestisius, juga dikenal sebagai “Genius Grant.” Pada tahun 2022, ia menerima gelar doktor kehormatan dari La Universidad del Sagrado Corazón di San Juan, Puerto Rico, penghargaan tertinggi yang diberikan oleh lembaga tersebut.

Zenón telah memberikan ratusan kuliah dan kelas master, dan mengajar di seluruh dunia, di institusi-institusi seperti Conservatoire de Paris, San Francisco Conservatory of Music, Columbia University, Princeton University, The Kimmel Center, The Banff Centre, Siena Jazz, North Texas University, Conservatorium Van Amsterdam, Musik Akademie Basel, Georgia State University, Conservatorio de Música de Puerto Rico, UMass Amherst, dan UCLA. Dia juga anggota fakultas di Departemen Musik & Teater Seni di MIT, serta Visiting Scholar saat ini untuk Departemen Harmony and Jazz Composition di Berklee College of Music. Tetapi mungkin yang paling mencerminkan komitmennya terhadap pendidikan dan memperkuat reputasinya sebagai duta budaya adalah Caravana Cultural, program yang ia dirikan pada tahun 2011.

Tujuan utama Caravana Cultural adalah menyajikan konser Jazz gratis di daerah pedesaan Puerto Rico. Program ini membuat “investasi budaya” di Pulau tersebut dengan memberikan kesempatan kepada komunitas-komunitas ini untuk mendengarkan jazz kelas atas (Zenón mengundang beberapa musisi terbaik dari skena jazz New York untuk tampil sebagai tamu), sambil pada saat yang sama melibatkan musisi muda Puerto Rico secara aktif dalam kegiatan konser. Sejak Februari 2011, Zenón telah menyajikan konser setiap empat hingga enam bulan sekali. Setiap konser berfokus pada musik dari legenda jazz tertentu (seperti Charlie Parker, Miles Davis, Duke Ellington, antara lain) dan didahului oleh presentasi sebelum konser yang membahas elemen dasar jazz dan improvisasi.

Zenón tinggal di New York City bersama istri Elga dan putri mereka.

Informasi lebih lanjut

Exit mobile version