Profile

Bob Mintzer dan komitmen seumur hidupnya pada musik

Robert Alan Mintzer atau Bob Mintzer lahir 27 Januari, 1953 di New York AS merupakan saksofonis, arranger, komposer, pendidik dan pemimpin big band yang punya beberapa kehidupan musik yang, pada beberapa saat, tampaknya mustahil bagi satu orang untuk mempertahankannya.

Dia adalah anggota Yellowjackets yang memenangkan Grammy selama 20 tahun, memimpin big band sendiri yang memenangkan Grammy, menjadi penerima kursi jazz studies yang didukung oleh Buzz McCoy di University of Southern California di Los Angeles, memberikan lokakarya di seluruh dunia, menulis buku tentang jazz, menciptakan musik untuk orkestra, band konser, dan big band, bepergian dengan quartetnya sendiri, dan bermain dengan banyak band lain di seluruh dunia. Dia aktif dalam bidang penciptaan, pertunjukan, dan pendidikan musik.

“Bermain musik adalah komitmen seumur hidup. Selalu ada hal-hal baru yang harus dipertimbangkan dan dikembangkan. Saya merasa bersemangat dan tunduk oleh musik setiap hari, dan berencana untuk terus melangkah di jalur ini hingga hari terakhir hidup saya di bumi.” Kalimat ini hampir mencakup pendekatan Bob Mintzer terhadap musik.

Bob telah menulis lebih dari 500 aransemen big band. Musik big band-nya diputar di seluruh dunia dan telah memengaruhi banyak penulis big band.

Ia mengasah keterampilan menulis dan bermain big band-nya di band-band Tito Puente, Buddy Rich, Thad Jones-Mel Lewis.

Dia juga telah menulis karya-karya untuk National Symphony Orchestra, Metropole Orchestra Belanda, WDR Big band di Cologne, HR Big Band di Frankfurt, dan diberi tugas untuk menulis sebuah karya untuk band konser dan saksofon tenor (Go) oleh konsorsium 50 universitas.

Sebagai pemusik, Bob telah bekerja dengan Art Blakey, Jaco Pastorius, Sam Jones, Randy Brecker, Gil Evans, Yellowjackets, GRP All Star Big Band, Mike Manieri, New York Philharmonic, dan masih banyak lagi. Ia juga melakukan pekerjaan sesi untuk James Taylor, Steve Winwood, Queen, Donald Fagan, Milton Nascimento, dan banyak lagi.

Bob telah merekam sekitar 30 proyek solo dan mendapatkan 4 nominasi Grammy serta sebuah Grammy Award untuk rekaman ansambel jazz besar terbaik pada tahun 2001 untuk “Homage to Count Basie” di label DMP. Setelah 23 tahun dan 12 album dengan Digital Music Products, big band Bob Mintzer kini berada di label MCG Jazz.

Bob saat ini tinggal di Los Angeles di rumah bekas komposer Arnold Schoenberg (tempat tinggal LA pertamanya, 1934-1936), mengajar di USC, bepergian selama 4 bulan setahun, dan, ketika di rumah, menulis dan berlatih secara terus-menerus.

Dia umumnya dianggap sebagai salah satu tenor saxophonist yang berasal dari sekolah pemain New York pada tahun 70-an, yang melibatkan Michael Brecker, Bob Berg, David Liebman, dan Steve Grossman.

Informasi lebih lanjut

  • http://www.bobmintzer.com/
  • https://www.facebook.com/bobmintzer
  • https://twitter.com/#!/bobmintzer

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker