Profile

Bobby Hutcherson sang vibraphonis jenius

Robert Hutcherson aka Bobby Hutcherson lahir pada 27 Januari 1941 di Los Angeles, California, dari pasangan Eli, seorang tukang batu, dan Esther, seorang penata rambut. Ia adalah seorang pemain vibraphone dan marimba jazz asal Amerika dengan komposisinya yang paling terkenal adalah “Little B’s Poem” dari album Blue Note tahun 1966 berjudul Components.

Hutcherson memberikan pengaruh besar pada pemain vibraphone muda seperti Steve Nelson, Joe Locke, dan Stefon Harris.

Ia terpapar jazz melalui saudaranya Teddy, yang mendengarkan rekaman Art Blakey di rumah keluarga bersama temannya Dexter Gordon.

Hutcherson mulai berkarir profesional pada akhir 1950-an, bekerja dengan musisi seperti Curtis Amy, Carmell Jones, Eric Dolphy, dan Charles Lloyd.

Pada tahun 1963, Hutcherson mulai merekam untuk Blue Note Records, memulai dengan One Step Beyond bersama Jackie McLean. Ia memiliki karier rekaman yang panjang dengan Blue Note, mencakup berbagai gaya musik seperti post-bop, avant-garde, dan free jazz.

Baca juga:
Rilis album baru, vibrafonis Bobby Hutcherson kembali ke Blue Note Records

Album-albumnya termasuk The Kicker dan Stick-Up!, yang menampilkan kolaborasinya dengan McCoy Tyner.

Pada tahun 1967, Hutcherson kehilangan kartu cabaretnya dan izin mengemudi taksi setelah ditangkap bersama Joe Chambers karena kepemilikan ganja di Central Park. Meskipun kembali ke California, ia tetap merekam untuk Blue Note. Hutcherson kemudian menjalin kemitraan penting dengan Harold Land, merekam tujuh album bersama untuk Blue Note.

Meskipun ia sempat mengalami penurunan output rekaman dalam beberapa dekade terakhir, Hutcherson tetap aktif dan merilis album untuk berbagai label, termasuk Atlantic, Verve, dan Kind of Blue. Ia juga menjadi anggota pendiri SFJAZZ Collective pada tahun 2004 dan menerima Penghargaan Jazz Master seumur hidup dari National Endowment for the Arts pada tahun 2010.

Hutcherson memiliki karier akting yang sesekali, termasuk penampilan sebagai pemimpin band dalam film They Shoot Horses, Don’t They? (1969), dan sebagai Ace dalam Round Midnight (1986).

Dalam kehidupan pribadinya, ia memiliki dua anak dari dua pernikahan yang berbeda dan meninggal pada 15 Agustus 2016 karena penyakit paru-paru obstruktif kronis (emfisema).

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker