Profile

Jackie Allen sang pendidik sekaligus vokalis jazz yang dihormati

Jackie Allen adalah seorang penyanyi jazz Amerika. Terpengaruh oleh penyanyi jazz, folk, dan pop, Allen mungkin lebih dikenal karena interpretasi balada jazz klasik. Menurut kritikus Scott Yanow, dia menampilkan “keindahan lirik”.

Kritikus Thom Jurek mengatakan, “bakatnya dengan materi yang lebih berorientasi pada pop benar-benar khas dan bahkan inovatif, karena tidak ada penyanyi lain di luar sana yang merangkai frase seperti dia”.

Allen lahir 19, Februari 1959 di Milwaukee, Wisconsin, dan dibesarkan di McFarland, sebuah pinggiran kota Madison. Dia dibesarkan dalam keluarga musik. Ayahnya adalah pemain tuba Dixieland dan saudara-saudaranya memainkan alat musik tiup. Allen memainkan French horn.

Dia belajar menyanyi dan jazz di University of Wisconsin di Madison, kemudian pindah kembali ke Milwaukee, di mana dia tampil dengan Melvin Rhyne.

Karier musik Empat tahun kemudian dia pindah ke Chicago dan membuat album pertamanya, Never Let Me Go (1994), untuk label rekaman Lake Shore Jazz. Rekan-rekan musiknya adalah pianis Brad Williams, saksofonis Edward Petersen, dan bassis Larry Gray. Dia mengenal pianis Judy Roberts, dan mereka akhirnya membuat dua album bersama, Santa Baby dan Autumn Leaves.

Produser Ralph Jungheim membawa Allen ke Los Angeles untuk merekam Which dengan musisi andalan termasuk Red Holloway, Gary Foster, dan Bill Cunliffe, yang bertugas sebagai direktur musik untuk rekaman tersebut. Proyek tersebut sukses dan label tersebut mengirim Jackie dan grupnya dalam tur Asia, termasuk penampilan sebagai artis jazz pertama yang tampil di Festival Musik Beijing.

Pada tahun 1999, dia mulai tampil dalam duo dengan Hans Sturm. Mereka tampil di Festival Fringe Edinburgh di mana Frank Proto mendengar mereka dan mengundang mereka untuk merekam untuk label Red Mark miliknya. Dave Nathan menulis tentang rekaman tersebut untuk Panduan Musik All “Album ini meningkatkan taruhannya untuk kombinasi suara/bass. Ini membutuhkan pendengaran yang serius dan berkomitmen. Landscapes: Bass Meets Voice akan membuat kebanyakan orang tak bernapas.”

Sejak tahun 2002, Allen telah tampil dan merekam terutama dengan sebuah ansambel yang meliputi John Moulder (gitar), Dane Richeson (perkusi), dan Hans Sturm (bass) dengan tambahan Ben Lewis, Laurence Hobgood, atau Tom Larson (keyboard), Orbert Davis atau Tito Carillo (trompet), dan Steve Eisen (alat tiup kayu). Dia memproduksi The Men in My Life dengan Eric Hochberg dan dipilih oleh label Chicago A440 pada tahun 2003. Label tersebut menandatangani kontrak dengannya untuk merekam tambahan, Love Is Blue, diproduksi oleh Rob Mathes dan dirilis tahun berikutnya.

Setelah label A440 bangkrut, dia menandatangani kontrak dengan Blue Note Records dan bekerja dengan Eric Hochberg sekali lagi, merilis Tangled (2006). Dia dipecat dari label tersebut setelah EMI/Blue Note dijual pada tahun 2007 kepada Terra Firma.

Pada tahun 2008, Allen didekati oleh Orkestra Simfoni Muncie di Indiana untuk membuat proyek untuk Musim Jubileum ke-60 mereka. Hasilnya adalah album live 2009 Starry Night yang menampilkan band Allen dengan simfoni dalam program lagu bertema bintang yang diaransemen oleh John Clayton, Frank Proto, Bill Cunliffe, Mark Buselli, dan Matt Harris.

Setelah pindah ke Lincoln, Nebraska pada tahun 2011, Allen terus melakukan tur dan merekam untuk label Avant Bass yang kecil. My Favorite Color (2014), sebuah kumpulan standar baru dan lama, adalah rilis studio pertamanya sejak Tangled.

Christopher Loudon, menulis untuk Jazz Times, mencatat “Delapan tahun absen dari studio rekaman tidak mengurangi daya tarik Jackie Allen. Suaranya – suram, lembut, dan bijak – sama menawan seperti dulu.”

Pada tahun 2017, dia merilis Rose Fingered Dawn, rangkaian lagu asli yang ditulis untuknya oleh Hans Sturm, dengan pujian kritis. John McDonough menulis di Majalah Downbeat bahwa Jackie “menampilkan keahlian yang bersih…sebuah contoh nyata dari nyanyian jazz yang bergaya dan canggih.”

Jackie telah menjabat beberapa kali di Dewan Gubernur dan Komite Nominasi Jazz untuk Recording Academy (Penghargaan Grammy).

Jackie pindah ke Lincoln Nebraska pada tahun 2011 bersama suaminya yang juga bassis, Hans Sturm, dan putra mereka, Wolfgang.

Informasi lebih lanjut:

  • http://www.jackieallen.com/
  • https://www.facebook.com/people/Jackie-Allen/671565142

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker