Profile

Buddy Tate saksofonis dengan gaya permainan ekspresif dan bertenaga

Selama lebih dari tujuh dekade, George “Buddy” Tate, yang lahir dengan nama George Holmes Tate pada 22 Februari 1913, di Sherman, Texas. menyemarakkan panggung jazz Amerika dengan gaya main tenor saxophone yang keras.

Sebuah nada yang tahan lama dengan infleksi register tinggi dalam suara “Texas tenor” yang disebut, membedakan Tate di antara rekan-rekan era swing-nya. Ia menjadi anggota Count Basie Orchestra pada akhir tahun 1930-an dan 1940-an, dan kemudian menjadi pemimpin band sendiri.

Menurut sebagian besar catatan ketika Tate masih remaja, ketika saudaranya memberinya instrumen dan memintanya memainkan tenor saxophone dengan keluarga quartet bernama McCloud’s Night Owls.

Tate dan Night Owls belajar bermain musik dengan mendengarkan rekaman-rekaman Louis Armstrong dan menirukan suaranya. Band ini tur secara profesional selama empat tahun berikutnya, setelah itu Tate terus memainkan alat musiknya, tampil dengan serangkaian band wilayah dan dengan band sirkus sampai awal tahun 1930-an, ketika ia tur ke barat daya Amerika Serikat dengan band Nathan Towles.

Selama tahun-tahun awal tersebut, Tate menghabiskan waktu dengan band Terrence Holder dari 1930-33 dan tur dengan Andy Kirk’s Clouds of Joy pada 1934-35.

Pada tahun 1934, Tate menggantikan sementara Lester Young di Count Basie’s Orchestra. Young akhirnya kembali ke band, dan Tate kembali bekerja dengan Towles selama empat tahun mulai dari 1935. Tate bekerja dengan Towles sampai 1939 ketika Herschel Evans, yang adalah pemain tenor saxophone Basie, meninggal.

Basie kemudian membawa Tate kembali ke orkestra sebagai anggota tetap selama hampir satu dekade. Mungkin tidak ada tempat yang lebih menonjol dalam persaingan untuk perhatian antara pemain saxophone pada era itu selain di antara sidemen Basie.

Di antara para pemain terkenal adalah Illinois Jacquet, juga salah satu dari “Texas tenors”, Lucky Thompson, dan Young, semuanya bersama dengan Tate mengubah momen-momen penampilan orkestra menjadi set duel penuh antara instrumen tiup. Tate terdengar dalam banyak rekaman oleh orkestra Basie selama era itu, termasuk rekaman terpilih di mana Tate tampil dengan alto saxophone serta tenor. Ia keluar dari band Basie sebagai seorang profesional yang berpengalaman.

Setelah berpisah dengan Basie pada tahun 1949, Tate tampil dengan Hot Lips Page, Lucky Millinder, dan Jimmy Rushing sampai tahun 1952. Ia kemudian merangkai bandnya sendiri di Celebrity Club di Harlem pada tahun 1953, menandai awal penampilan yang berlangsung selama 21 tahun, hingga awal tahun 1970-an.

Tate tinggal di New York hingga tahun 2001 ketika dia pindah ke Phoenix, Arizona, untuk diurus oleh putrinya. Dia meninggal di Chandler, Arizona, dua belas hari sebelum ulang tahunnya yang ke-88.

Lebih lanjut:

  • https://youtube.com/results?search_query=Buddy%20Tate
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Buddy_Tate

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker