Wolfgang Muthspiel gitaris Jazz intuitif dan penuh selidik

Wolfgang Muthspiel lahir pada 2 Maret 1965 adalah seorang musisi gitar yang tinggal di Vienna dan dianggap sebagai salah satu gitaris paling berpengaruh dari generasinya yang memulai karir diusia 15 tahun setelah belajar biola dan kemudian menemukan cintanya pada gitar.

Minatnya dalam musik sendiri dan improvisasi akhirnya membawa Wolfgang Muthspiel fokus pada jazz. Setelah belajar dengan Mick Goodrick di New England Conservatory dan kemudian di Berklee College of Music di Boston, ia melakukan tur dengan Gary Burton Quintet (bersama Larry Grenadier dan Donny McCaslin) selama dua tahun, membangun reputasi yang sangat baik di dunia jazz.

Ia juga berkolaborasi dengan berbagai artis, termasuk Trilok Gurtu, Dhafer Youssef, Youssou N’Dour, Maria Joao, Dave Liebman, Peter Erskine, Paul Motian, Bob Berg, Gary Peacock, Don Alias, Larry Grenadier, Brian Blade, Brad Mehldau, Ambrose Akinmusire, John Patitucci, Dieter Ilg, Vienna Art Orchestra, dan masih banyak lagi.

Di tahun 2000, Muthspiel mendirikan label Material Records, yang telah merilis banyak rekaman artis dalam format internasional. Setelah tur Eropa dengan quartet barunya (2008) dan proyek duo Friendly Travelers, bekerja sama dengan drummer Brian Blade (2008), Muthspiel semakin mendalami trio MGT (Muthspiel – Grigoryan – Towner), yang, setelah beberapa tur konser, merilis album debut yang sangat diacungi jempol, From a Dream. Dia juga telah menggubah lagu-lagu untuk berbagai ansambel, seperti Klangforum Wien dan, dalam rangka peringatan 200 tahun kematian Joseph Haydn pada tahun 2009, sebuah karya yang dipesan untuk Yayasan Esterhazy. Dia telah memproduksi rekaman musisi muda, dan sejak tahun 2004, dia telah memimpin program gitar di Hochschule für Musik Basel FHNW.

Pada tahun 2017, Muthspiel mendirikan program Focus Year di Jazzcampus Basel dan sejak itu menjadi direktur artistik dari program satu tahun yang unik di dunia ini.

Pada Juni 2012, rekaman proyek Vienna Naked, sebuah program lagu yang disusun oleh Muthspiel untuk gitar dan suara, dirilis.

Muthspiel membuat debutnya dengan MGT pada tahun 2013 dengan album Travel Guide di label terkenal Munich, ECM. Pada tahun 2014, ia membuat debutnya sebagai pemimpin band di ECM. Rekaman trio Driftwood dengan Brian Blade dan Larry Grenadier meraih pujian besar dan pada tahun 2014, Muthspiel diberikan kontrak untuk seri konsernya sendiri di Konzerthaus Wien. Proyek Vienna World diikuti dengan rekaman vokal lain pada tahun 2015, di mana ia tampil dan merekam dengan delapan belas musisi di Rio de Janeiro, Buenos Aires, New York, Swedia, dan Vienna.

Rising Grace dirilis di ECM Records pada musim gugur 2016. Rekaman kuintet ini dengan Brad Mehldau, Ambrose Akinmusire, Brian Blade, dan Larry Grenadier menghiasi banyak daftar terbaik tahun 2016, diberi lima dari lima bintang oleh majalah DownBeat, dan mengarah pada Wolfgang Muthspiel Quintet melakukan banyak konser yang laris di seluruh dunia. Pada tahun 2018, kuintet tersebut tampil dan merekam Where The River Goes, dengan Eric Harland di drum, yang menghasilkan banyak penampilan dan konser.

Wolfgang Muthspiel Large Ensemble diluncurkan pada tahun 2019, yang menghasilkan program terdiri dari karya-karya Muthspiel dalam aransemen baru oleh Guillermo Klein tahun berikutnya. Ensemble 19 anggota ini menggabungkan legenda jazz Eropa dengan perwakilan virtuoso dari musik kamar, dan melakukan tur dan pertunjukan pada musim gugur tahun yang sama di Hamburg Elbphilharmonie dan Wiener Konzerthaus, antara lain.

Direkam selama tur bersama di Jepang pada tahun 2018 dengan Scott Colley dan Brian Blade, album trio Angular Blues dirilis pada musim semi 2020. Tur luas melalui AS dan Eropa dilakukan tepat setelah pandemi.

Trio yang sama merilis album “Dance Of The Elders” pada tahun 2023, yang menerima ulasan yang komprehensif dan antusias. Pada musim gugur tahun 2023, trio tersebut memulai tur konser selama beberapa minggu di Eropa, tampil di aula konser yang selalu penuh dan klub jazz.

Penghargaan-penghargaan Wolfgang Muthspiel termasuk Hadiah Hans Koller untuk “Musician of the year” dan penghargaan sebagai “Musisi Jazz Eropa” tahun 2003. Selain itu, majalah Musicians telah memilihnya sebagai salah satu dari “top 10 gitaris jazz dunia.” Pada tahun 2021, ia diganjar Penghargaan Jazz Jerman dalam kategori “Alat Musik Gesek Internasional.”

Exit mobile version