Profile

Vokalis Jazz Argentina Roxana Amed

Roxana Amed, seorang penyanyi/penulis lagu Argentina, telah merilis enam album dan satu DVD secara digital oleh Sony Music Latin. Dia dikenal karena karyanya yang mendapatkan Penghargaan Carlos Gardel untuk Musik Argentina dan Penghargaan Martin Fierro untuk lagu terbaik dalam produksi TV. Selain itu, Amed juga terkenal karena menulis lagu untuk artis lain, termasuk bekerja dengan multi-instrumentalis Argentina Pedro Aznar.

Setelah pindah ke AS, Amed telah berkolaborasi dengan berbagai musisi berbasis di New York seperti Guillermo Klein, Emilio Solla, dan Leo Genovese. Dia juga telah tampil di berbagai tempat musik terkenal di New York, seperti The Jazz Gallery dan Dizzy’s Club di Lincoln Center. Pada tahun 2017, ia diberi tugas, bersama pianis Brasil André Mehmari, untuk memberi penghormatan kepada Astor Piazzolla di Festival Jazz Internasional Buenos Aires, yang akan dirilis dalam bentuk album pada tahun 2021.

Selain karir musiknya, Amed memiliki gelar pasca sarjana dalam Sastra Kontemporer dalam Bahasa Spanyol dan menjadi instruktur vokal. Selama sepuluh tahun, ia memimpin workshop vokal untuk ratusan vokalis jazz di Festival Jazz Internasional Buenos Aires.

Di antara berbagai penghargaan yang dia terima, Amed memenangkan Penghargaan Martin Fierro pada tahun 2000-2001 untuk Lagu Tema Terbaik dalam Acara TV sebagai penulis lagu. Dia juga memenangkan Penghargaan Gardel pada tahun 2004 untuk album “Limbo” sebagai Album Rekayasa Terbaik. Selain itu, dia mendapat beberapa nominasi untuk Penghargaan Gardel untuk album dan penulisan lagunya.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker