Profile

Fabian Almazan, pianis dan komposer keturunan Kuba-Amerika

Fabian Almazan, seorang pianis dan komposer keturunan Kuba-Amerika, menemukan akar musiknya sejak kecil di Havana di mana ia pertama kali terlibat dalam tradisi piano klasik. Belakangan ini, Almazan dapat terdengar dalam film-film seperti Harriet, Chi-Raq, Red Tails, dan Miracle at St Anna.

Pria kelahiran 16 April 1984 di Havana, Kuba ini menyelesaikan gelar sarjana piano jazz-nya di Manhattan School of Music, Almazan terjun sepenuhnya ke dalam ranah komposisi orkestra dengan mempelajari instrumentasi dan orkestrasi dengan Mr. Giampaolo Bracali.

Almazan adalah pendiri dan direktur Biophilia Records. Biophilia berarti “ikatan naluri antara manusia dengan sistem kehidupan lainnya.” Selain menciptakan musik yang bermakna dan imajinatif, para seniman Biophilia Records bersatu dalam minat bersama untuk memiliki dampak positif pada lingkungan dan komunitas kita. Para seniman Biophilia berkolaborasi dengan organisasi yang bergerak dalam konservasi, keberlanjutan, dan inisiatif outreach, secara teratur memberikan kontribusi sukarela dalam acara-acara komunitas.

Sebagai seorang lingkunganalis dan naturalis, Almazan melakukan perjalanan kembali ke tempat kelahirannya di mana ia membuat rekaman lapangan burung endemik Kuba yang kemudian dimasukkan ke dalam “This Land Abounds With Life”, album terbarunya yang ke-5 sebagai pemimpin. Dia adalah pendiri dan direktur Biophilia Records dan telah bekerja dengan tekun untuk memastikan dialog berkelanjutan tentang kesadaran terkait musik dan keadilan lingkungan.

Sebagai seorang pemain, Almazan telah mengembangkan suara pribadinya melalui manipulasi listrik dari piano akustik dalam pertunjukan langsung dan studio. Dia telah melakukan tur musiknya secara luas serta mendampingi para artis seperti Linda May Han Oh, Terence Blanchard, Gretchen Parlato, John Hollenbeck, Mark Guiliana, Dave Douglass, Avishai Cohen, dan Ambrose Akinmusire di antara lainnya.

Penghargaan yang diterimanya termasuk 2 nominasi Grammy, komisi SWR New Jazz Meeting, Dana Copland, Penghargaan Dana Jerome untuk Komposer Pendatang Baru, Residensi Jazz Gallery, Residensi Rockefeller Brothers, Penghargaan Komposisi Yayasan Cintas, dan Sundance Composers’ Lab.

Lebih lanjut:

  • https://www.fabianalmazan.com
  • https://www.facebook.com/FabianAlmazanMusic
  • https://twitter.com/fabianalmazan

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker