Review

The Oliver Lake String Project – Movement, turns & switches

Artist: The Oliver Lake String Project
Title: Movement, turns & switches
Label: Passin’ Thru 41210

Komposisi:

1. Fanfare bop;
2. Aztec tu;
3. Movement, turns & switches;
4. Reminds me;
5. Input;
6. Maasai moves;

Musisi:
Oliver Lake : Alto saxophone
Kenyata Beasley : Trumpet
Belden Bullock : contrabass
Neil Clarke : Congas
Donal fox : Piano
Regina Carter : Violon (biola)
Ashey Horne : Violin (biola)
Maxine Roach : Viola (alto biola)
Eileen Folson : Cello

Oliver Lake’s String Project adalah proyek dari Oliver Lake, seorang pemain alto saxophone yang juga anggota dari World Saxophone Quartet(WSQ), yang mengkombinasikan permainan alto saxophonenya dengan kelompok dari para virtuoso pemain string atau lat-alat musik gesek dan beberapa musisi dengan alat musik lain sebagai pendukungnya. Dalam album ini lagu-lagu yang dimainkan semuanya merupakan komposisi ciptaan dari Oliver Lake.

Para pemain alat musik gesek disini dimaksudkan untuk membuat permainan dari kelompok ini memunculkan apa yang dalam dunia jazz disebut sebagai gaya “Third stream”, yaitu penggabungan antara patorn-patorn musik klasik dan jazz. Hal inilah yang diusahakan oleh Oliver lake muncul dalam albumya, dimana improvisasi dari permainan saxophonenya yang kadang-kadang bersifat “free improvisation” dapat menyatu dengan permainan alat-alat musik gesek. Variasi dari string quartet dengan permainan alto saxophone dan juga dukungan lat musik lain dengan dimainkan oleh musisi yang berbeda-beda tampaknya dimaksudkan oleh Oliver Lake untuk mengeksplorasi permainan mereka hingga dapat menimbulkan aspek-aspek dan kesan yang berlainan dari masing-masing variasi pemggabungan tersebut. Bisa dikatakan ide-ide Lake untuk permainan saxophonenya mengalir secara konstan dan bisa dianalogikan seperti jika seorang pelukis sedang menggoreskan kuasnya pada kanvas dan juga disini tampaknya Lake mempunyai inspirasi yang kaya untuk improvisasi saxophone dan alat gesek.

Fanfare bop. Lagu yang dimainkan dengan string quartet dan didukung dengan permainan trumpet dari Kenyata beasley, warna bebop sangat terasa tapi dengan improvisasi yang lebih bebas, dan memang lagu ini untuk menggambarkan bagaimana musik bebop muncul untuk membuat perubahan yang baru terhadap musik jazz. Aztec tu dan Maasai Moves, lagu yang bergaya free jazz dan mengesankan gaya musik afrika yang misterius dengan alunan suara conganya, dalam Maasai moves yang aslinya ditulis untuk album WSQ , dalam album ini walaupun di mainkan dengan string quartet, tapi gaya khas sound dari WSQ masih terasa juga. Solo biola dari Sandra Billingsea, anggota dari New york Virtuosi Ensemble, dapat dinikmti dalam lagu Input, dan dalam lagu ini dapat didengarkan juga demonstrasi permainan saxophone Oliver Lake yang tampaknya sudah menjadi ciri khas dan mempunyai metode improvisasi dan metode membuat komposisi yang bergaya Oliver lake. Yang menarik dalam album ini adalah lagu Movement, Turns & switches yang juga diambil untuk judul album ini, dimana dalam lagu ini hanya dimainkan oleh duet dari permainan biola Regina Carter dan permainan piano dari Donal Fox. Lagu ini ditulis oleh Oliver lake untuk menggambarkan metafora dalam perkembangan teknologi visual saat ini, diawali oleh improvisasi dari biola dan piano yang lembut dan tiba-tiba meloncat pada permainan yang emosional dari keduanya yang penuh denga improvisasi dengan tempo yang berubah-ubah, tampaknay kedua pemain cukup sukses dalam berduet dan menginterpretasikan karya Oliver lake ini sesuai dengan sense dan gaya permainan mereka. Komposisi ini juga pernah mendapatkan penghargaan dan ditampilkan oleh McKim Foundation of the Library of Conggress.

Album ini sangat menarik justru disebabkan dari keunikan kombinasi permainan alat-alat musiknya yang dimainkan dan dieksplorasi secara maximal dalam ketepatan menginterpretasikan masing-masing komposisi.

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker