Review

CHRIS HUNTER “Goose The Pooche”

CHRIS HUNTER “Goose The Pooche”
(Cass, RR 11190800)

Side A : Goose the pooche ;
Just friends ;
Big noise ;
Parker’s mood ;
Cherokee ;
Billie’s bounce.

Side B : Moose the mooche ;
My little suede shoes ;
Terible Edith ;
Scrapple the apple ;
All the things you are.

Musisi :
Chris hunter : Alto saxophone
Gil Goldstein : Piano, Accordion (kecuali A5, A6 & B5)
Mike Richmond : Bass
Jeff Ballad : Drums
Jay Azzolina : Guitar (A4, A5, A6, B3 & B5)

Charlie Parker, seorang pemain alto saxophone pada tahun 40-an telah membuat perubahan besar dalam improvisasi musik jazz dan membuat genre baru dalam musik jazz yaitu Bebop, banyak pemain saxophone era setelahnya mendapat pengaruh yang besar dari Parker dan sampai sekarang banyak musisi yang masih memainkan musiknya dan mengadaptasi permainan saxophonenya, salah satunya adalah pemain saxophone Chris Hunter yang dalam albumnya “Goose The Pooche” (mirip dengan titel lagu Parker Moose The Mooche). Chris hunter, pemain yang sudah banyak makan asam garam dalam bermain jazz dan pernah bergabung dengan Gil Evans, Michael Camilo dan Mike Westbrook, dalam album ini memainkan lagu-lagu dari Parker, seperti Scrapple from the apple, Billie’s bounce, moose the mooche, Parker’s mood, Big noise dan My Little suede shoes, ataupun lagu-lagu standard yang dulu pernah populer dimainkan oleh Parker, seperti Just friends, Cherokee dan All the thing you are. Tapi untunglah dalam album ini Hunter juga menyertakan dua buah komposisinya yaitu Goose the pooche dan Terrible Edith, hingga dia juga bisa membuktikan bahwa tidak hanya bisa membawakan karya orang lain saja.

Dalam album ini “gaya Parker” dari permainan Chris Hunter sangat terasa sekali, dalam lagu Goose the pooche (mungkin ini “plesetan” dari Moose the mooche), walaupun lagu ini merupakan komposisi dari Hunter sendiri tapi “gaya Parker” sangat terasa sekali, baik dari permainan saxophonenya maupun komposisinya. Warna Latin juga muncul dalam dua lagu yaitu Big noise dan My little suede shoes yang mengingatkan kita pada waktu Parker bermain bersama musisi Latin Machito, dalam My little suede shoes Gil Goldstein menampilkan kebolehannya dalam bermain Accordion. Mungkin yang cukup menarik adalah lagu All the things you are, karena lagu ini sudah sangat populer didengar, dan disini permainan gitar yang indah dan melodius dari Jay Azzolina membuat lagu ini semakin nikmat didengar.

Secara keseluruhan warna Bebop sangat menonjol dalam album ini dan sebetulnya kita juga mengharapkan permainan dengan gaya original dari Chris Hunter muncul dalam album ini, tapi mungkin album ini dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati Charlie Parker, hingga permainnya disesuaikan dengan “gaya Parker”. (Ajie/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker