Review

Cooke Quartet “Searching”

Cooke Quartet “Searching” (BH-1001)

1. Malcontent (6:50)
2. Gooddess (9:06)
3. Nikita (6:37)
4. Searching (6:29)
5. Footprints (7:59)
6. Coalescing (4:19)
7. Lonely Woman (5:12)
8. The Source (8:58)
9. Reflection (2:21)

Musisi :
Michael Cooke : Tenor, alto, sopran saxophone, flute, bass clarinet
Mel Nelson : Piano
Alec Lytle : Akustik bass
Sameer Gupta : Drums
Paul Fisher : Congas, perkusi (2,4,5,6,8)
Roland Robles : Tabla, perkusi (2, 4)
Cliff Winnig : Tampura (2)
Greg Rosenberg : Perkusi (4)

Album ini merupakan debut pertama dari perusahaan rekaman Black Hat yang dimiliki oleh Michael Cooke seorang pemain reed dan leader dari Cooke Quartet. Yang juga pernah memenangkan Louis Armstrong Jazz Award untuk Tenor saxophone (CQ) Dalam album Searching ini CQ juga dibantu oleh beberapa musisi tambahan selain CQ sendiri terdiri dari beberapa musisi muda seperti Mel Nelson seorang multi instrumentalis tetapi dalam album ini khusus bermain piano , kemudian Alec Lyte pemain bass yang banyak juga bermain musik klasik dan musik modern dan Sammer Gupta pemain drum yang berusia 22 tahun yang memberi energi pada grup ini.

Disemangati dan terinspirasi oleh para pembaharu musik Jazz pada era 60-an dan 70-an seperti John Coltrane, Pharoah Sanders, Ornette Coleman, Eric Dolphy dan Wayne Shorter CQ berusaha menampilkan musik-musik yang mengambil jalur “Modal Jazz” yang merupakan pembuka ke arah musik free jazz. Dan memang jika didengar dari keseluruhan lagu pada album ini sepertinya menggabungkan antara musik dari Pharoah Sanders, gaya permainan John Coltrane dan sound dari Wayne Shorter.

“Malcontent” komposisi dari Michael Cooke sarat dengan teknik modal jazz dan permainan tenor sax cooke sendiri banyak melakukan “blowing” dan terkesan agresif dengan tempo yang cepat mengingatkan pada John Coltrane quartet. “Goddess” komposisi dari Gupta memakai tamabahan musisi yang memainkan alat musik tradisional India tabla dan tenpura sehingga terkesan perpaduan antara jazz dan musik India sarat dengan unsur “spiritualitas” dan religius. Sebual lagu balada yang manis tampil pada lagu “Nikita”, perpaduan dai improvisasi piano dan saxophone dalam lagu ini sangat teratur, rapi dan terjaga. “Searching” yang dijadikan judul album ini mengambil gaya irama latin walaupun masih dimainkan dengan teknik “modal jazz” seperti yang pernah dilakukan oleh Pharoah Sanders sebelumnya.. “Footprints” ciptaan Wayne Shorter dan “Lonrly Woman” dari Ornette Coleman tampaknya diberi sentuhan dan aransemen baru, karena lagu ini sperti mempunyai energi baru dengan dimainkan menggunakan tempo yang lebih cepat dan energik. Permainan flute dari Cooke dapat disimak pada “Coalescing” yang juga memasukkan unsure-unsur musik Asia. Lagu yang menonjolkan permainan bass dan mengambil gaya “contemporary jazz” terdengar pada “The Source”. Lagu terakhir “Reflection” memperdengarkan kemampuan Cooke dalam bermain bass clarinet yang melakukan dialog improvisasi dengan permainan bass dan congas.

Dalam liner notenya ini Cooke sendiri menegaskan bahwa grup mereka berusaha mengambil jalur yang mungkin jarang diambil oleh para musisi-musisi jazz muda yang memainkan jazz rock ataupun “pop jazz” walaupun sebelumnya Cooke sendiri banyak bermain musik rock dan klasik, tapi mereka berusaha menampilkan musik dengan idiom-idiom “pure jazz“, suatu usaha yang patut dihargai dari para musisi muda. (Ajie/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker