Review

BERNIE SENENSKY QUINTET – NEW HORIZONS

BERNIE SENENSKY QUINTET - NEW HORIZONS
BERNIE SENENSKY QUINTET - NEW HORIZONS

BERNIE SENENSKY QUINTET – NEW HORIZONS
(Timeless CD SJP 449)

Komposisi:
1. Eddie J 6:57
2. Blues For Clifford 10:28
3. Don’t Look Back 8:23
4. Little Miles 6:48
5. Jump For Joe 6:18
6. First March 8:50
7. Every Day That I Miss You 7:00
8. Better Late Than Never 6:04
9. Double Life 7:28
10. Blues News 5:48

Musisi :

Bernie Senensky : piano
Eddie Henderson : trumpet & flugelhorn
Kirk McDonald : tenor & sopran sax
Neil Swainson : bass
Jerry Fuller : drum

Selain Eddie Henderson, musisi-musisi ini adalah musisi jazz yang sibuk dari Kanada. Rata-rata dari mereka pernah membantu banyak musisi jazz ternama dari Amerika Serikat ketika mereka tampil di Kanada. Sebut saja Neil Swainson pernah membantu George Shearing, Jerry Fuller pernah membantu Paul Desmond, Lee Konitz, Tom Harrell, Oscar Peterson, Joe Henderson dll, Kirk McDonald selain mendapatkan Juno and Jazz Report Award pada tahun 1999 dia juga sering bermain di berbagai negara dengan banyak musisi ternama. Sedangkan Bernie Senensky sendiri pernah membuat trio pada tahun 1970an dan bergabung dengan Moe Koffman Quintet pada di tahun 1979. Serta Eddie Henderson yang berasal dari New York ini saya kira bagi pecinta musik sudah tidak asing lagi.

Quintet ini terdiri dari musisi-musisi yang mempunyai karakter skill penguasaan instrumen yang kuat dan dalam mengungkapkan ekspresi mereka yang diwujudkan melalui masing-masing alat yang dibawakannya menandakan bahwa mereka sudah mempunyai jam terbang yang tinggi. Corak rhythm dan variasi chord yang lebih ditonjolkan pada permainan tangan kiri Senensky begitu solid dan jelas. Begitu juga fungsi tangan kanannya yang membuat alur kalimat improvisasi menjadi cukup jelas untuk dicerna. Permainan yang cantik juga terdengar dari musisi yang lainnya. Henderson justru yang sepertinya mendapatkan tempat yang khusus dalam quintet ini. Dengan tiupan trumpet ataupun flugelhorn yang bersih dan tajam, Henderson disini menjadi lapisan yang sempurna dalam membawakan karya-karya komposisi Senensky. Penampilan Kirk McDonald cukup mendukung permainan trumpet dari Henderson, namun biasanya dengan interval nada yang lebih rendah sehingga pada momen tertentu menghasilkan paduan yang cantik. Pemain drum dan bass terdengar sangat kompak, meskipun masih dalam tataran yang normatif.

Ada sebuah keharmonisan dalam quintet ini. Salah satunya ditunjukan dengan kesempatan solo improvisasi masing-masing musisi yang cukup proporsional, meskipun suara trumpet di sini lebih menonjol dibanding yang lain. Sedangkan permainan quintet ini mengingatkan kita pada gaya hard bop-nya The Art Blakey Jazz Messengers dengan disertakan di sana-sini beberapa teknik dan aksen yang lebih modern.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker