Review

Tommaso/Rava Quartet – La Dolce Vita / Movie-Ing Jazz

Tommaso Rava Quartet - La Dolce Vita Movie-Ing JazzTommaso/Rava Quartet  – La Dolce Vita / Movie-Ing Jazz
(CAM 497541-2)

1. Profumo Di Donna (1974) (5:03) Scent Of Woman
2. Mondo Cane (1961) (3:40) A Dog’s World
3. Cinema Moderno (4:12)
4. Ammazzare Il Tempo (1979) (5:26)
5. Sogno Di Hitchcock (5:35)
6. La Dolce Vita (1959) (11:57)
7. The sweet Live
8. Il Postino (1994) (7:01) The Postman
9. L’Avventura (1960) (6:26) Adventure
10. Il Prato (1979) (6:06) The Meadow
11. La Prima Volta (1998) (2:53)
12. Cronaca Familiare (1962) (4:42) Family Diary

Musisi :
Giovanni Tommaso : Kontra bass
Enrico Rava : Trumpet & Flugelhorn
Stefano Bollani : Piano
Roberto Gatto : Drums

Musik Jazz sudah sejak lama terlibat juga dalam film-film, sejak para musisi “west coast” melibatkan diri dalam ilustrasi musik dari film-film Hollywood pada tahun 40-an, banyak film-film yang menggunakan ilustrasi musik jazz. Perusahaan rekaman Italy CAM ( Creazioni Artistiche Musicali ) adalah salah satu label yang banyak mengkhusukan pada rekaman musik jazz yang digunakan pada soundtrack film. Dan album La Dolce Vita/Movie-Ing Jazz dari Tommaso/Rava Quartet adalah salah satunya. Dalam album ini mereka memainkan ataupun mengaransir lagi komposisi-komposisi jazz yang dulunya dipakai dalam soundtrack film-film terkenal khususnya film-film Italy, dan beberapa komposisi adalah ciptaan dari Giovanni Tommaso sendiri dan Enrico Rava yang selain mereka merupakan pemain jazz Italy yang sudah bertaraf Internasional dan selain membuat solo album Rava pernah membantu Gil Evans, Steve Lacy, Michael Mantler dan musisi jazz terkenal lainnya, Tommaso selain juga membuat beberapa solo album juga pernah membantu Chet Baker, Sonny Rollins dan Barney Kessel, selain mereka berdua juga banyak terlibat dalam ilustrasi musik-musik film.

Untuk membuat ilustrasi musik film memang seorang musisi harus mempunyai kepekaan interpretasi terhadap jalan cerita film tersebut dan musiknya harus bisa mencerminkan dan menerjemahkan tema dan “jiwa” dari film tersebut dan hal ini tampaknya sudah dilakukan oleh grup ini. Kesan impresif dan romantis tercermin pada lagu Profumo Di Donna, mungkin kalau kita pernah mendengar gaya music dari label ECM (ECM sound), lagu ini bergaya seperti itu dengan menonjolkan permainan flugelhorn dan piano yang manis Demikian juga untuk lagu Hondo Cane yang juga merupakan jazz ballad dengan permainan solo bass dari Tommaso yang mempunyai sound halus tapi tegas dan Rava memainkan mute trumpet ala Miles Davis. Gaya hard bop yang enerjik menonjol pada lagu Cinema Moderno yang merupakan karya Tommaso Jazz yang romantis juga terdengar pada karya Enrico Rava Ammazzare Il Tempo dan Il Sogno Di Hitchock . Yang menarik adalah La Dolce Vita, karena ternyata musik jazz yang mempunyai unsur free jazz juga bisa dipakai untuk ilustrasi film, dalam lagu karya Nino Rosa ini yang diaransemen sedemikian rupa sehingga selain unsur hardbop juga unsur free jazz dimainkan oleh quartet ini, perubahan-perubahan tempo yang bervariasi cukup menonjol dalam lagu ini. Juga pada Il Prato membuktikan bahwa improvisasi dalam jazz sangat bisa mencerminkan tema sebuah film, dalam lagu ini duet antara piano dan bass yang digesek menimbulkan kesan tersendiri, bahkan lagu Gronaca Familiare juga memasukkan unsur free. Sedangkan lagu lainnya kebanyakan tetap bergaya ballad dan romantis, hal ini mungkin memang sesuai dengan tema dari filmnya.

Permainan dari quartet ini yang boleh dibilang para musisi jazz yang menjadi kekuatan Italy, karena Tommaso dan Rava merupakan pemain yang sudah banyak berkiprah Internasional, jika tadi terkesan pengaruh ECM sound saya kira wajar karena mereka juga banyak membantu para musisi di label tersebut, juga memang sound seperti itu kebanyakan cocok unruk ilustrasi musik film. Permainan Roberto Gatto dan Stefano Bollani sendiri juga cukup berperan dalam quartet ini, dan boleh dibilang quartet ini cukup berhasil membawakan visi mereka untuk menceritakan tema film dalam musik jazz, contohnya pada lagu L’Avventura (Adventure), dengan unsur mars yang bertempo lambat jika kita mendengarkan kesan suasana semangat berpetualang sangat terasa. Dan CAM sendiri lewat album ini saya kira cukup berhasil dalam visinya untuk mendukung musik jazz di Italy. (Ajie/WJ)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker