Review

THE MUSIC OF ERIC VON ESSEN Volume 1

THE MUSIC OF ERIC VON ESSEN Volume 1
(CG 103)

Komposisi:
1. Silvana 9:16 (mp3)
2. Blues For Carin’ 5:26
3. Love Song For Kirsi 3:45
4. Benny 4:52
5. Blues Puzzle 5:12 (mp3)
6. Nowhere 4:48
7. Peacemaker 7:36 (mp3)
8. For me (And Myself Alone) 5:20
9. Incomplete Circle 7:31
10. Departure 6:35

Musisi :

Alan Pasqua : Piano (1,2)
Alan Broadbent : Piano (5,6)
Alex Cline : Drums, Perkusi (7,8,9,10)
Dave Carpenter : Bass (1,2)
Puttter Smith :
Bass (5,6)
Peter Erskine :
Drums (1,2)
Kendall Kay :
Drums (5.6)
Jeff Gauthier : Biola (9,10)
Micahel Elizondo :
Bass (9,10)
Stacy Rowles : Trumpet, flugelhorn (3,4)
Nels Cline : Guitar (7,8,9,10)
Tom Garvin :
Piano (3,4)
David Witham : Piano (7,8)
Larry Koonse : Electric Guitar (3,4)
Joel Hamilton : Bass (7,8)
Tom Warrington : Bass (3,4)
Paul Kreibich
: Drums (3,4)

Beli album ini

Album ini dibuat untuk didedikasikan dan mengenang seorang bassist yang meninggal pada tahun 1997 di usia 46 tahun yaitu Eric Von Essen. Eric sendiri adalah seorang pemain bass yang sudah cukup malang melintang di blantika musik jazz dan pernah bermain bersama para musisi jazz terkemuka seperti Art Farmer, Bob brookmeyer, Frank Morgan, Warne Marsh, Kenny Kirkland, Jimmy Rowles, Sheila Jordan, Bud Shank, Shorty Rogers, Nels Cline dan masih banyak lagi musisi jazz yang pernah bermain bersama Eric. Sebagai seorang pemain bass Eric sudah tidak diragukan lagi kemampuannya bahkan seorang bassist Putter Smith berkomentar bahwa Eric adalah seorang greatest bass player setelah Scott LaFaro, namun mungkin tidak banyak diketahui bahwa Eric juga seorang komposer yang cukup handal dan album ini mempersembahkan karya-karya komposisi dari Eric Von Essen. Dari komposisi-komposisi yang terdapat dalam album ini terlihat bahwa Eric juga merupakan seorang komposer yang bisa dikatakan brilian dia mempunyai beragam gaya musik dari musik klasik, bebop, jazz latin sampai jazz ballads.

Para pemain dalam album ini tampaknya juga merupakan jaminan dari album ini, karena banyak nama-nama besar yang ikut terlibat dalam alum ini seperti Alan Pasqua, Peter Erskine, Alan Broadbent, Nels Cline, Tom Garvin, Jeff Gauthier dan David Witham Mereka tidak hanya memainkan dan mengaransemen ulang lagi komposisi-komposisi dari eric tapi tampaknya mereka juga memberi sentuhan dan mungkin interpretasi baru sesuai dengan gaya permainan mereka masing-masing. Format Trio dari Alan Pasqua, Peter Erskine dan Dave carpenter mengawali album ini lewat komposisi bertitel Silvana yang bergaya jazz tahun 90-an merupakan komposisi dengan motif melodi dari bass yang diulang-ulang tapi dipadukan dengan harmonisasi yang bervariasi dan lagu Blues for Carin’ merupakan komposisi blues dengan basic 4/4 tapi juga divariasikan dengan 2/4 dan 3/4 bar sehingga menjadikan komposisi ini agak tidak biasa. Love Song For Kirsi lebih mengesankan sebagai lagu jazz ballads, sound dan phrasing dari pemain trumpet Stacy Rowles membuat komposisi ini terdengar romantis dan komposisi berirama bebop berjudul Benny yang memang diilhami pemain saxophone Benny Golson mengingatkan kita pada komposisi dari Benny Golson bertitel Whisper Not dan pada lima bar pertama dari lagu ini mengambil dasar dari lagu Whisper Not . Blues Puzzle masih dalam irama bebop dengan dasar blues dua belas bar dimainkan oleh Alan Broadbent trio demikian juga Nowhere yang merupakan lagu jazz ballads. Irama swing yang dipadukan dengan jazz latin muncul dalam lagu Peacemaker dengan menonjolkan permainan gitar dari Nels Cline. Perpaduan permain piano David Witham dan gitar dari Nels Cline yang mengedapkan harmonisasi yang manis dan gaya jazz waltz diperdengarkan pada For Me (And Myself Alone) Musik klasik sebagai basic dari Eric Von Essen tampaknya tidak bisa dihilangkan begitu saja setelah bermain jazz hal ini dibuktikan dengan lagu Incomplete Circle yang sanagt kental nuansa klasiknya dengan kombinasi permainan biola Jeff Gauthier dan gitar Nels Cline. Album ini ditutup dengan jazz ballads Departure dimana imrovisasi solo bass ditonjolkan dalam lagu ini.

Dari album ini yang juga tampaknya merupakan best sellers dari Crytogramophone, kita bisa mendengarkan kehandalan Eric Von Essen dalam menciptakan komposisi lagu dan mungkin nilai lebih dari album ini kita juga bisa mendengarkan permainan dari para pemain jazz yang sudah ternama sekaligus selain lagu-lagunya nikmat dan mudah didengarkan tanpa mengurangi kedalaman atau spirit dari permainan para musisinya. (Ajie/WJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker