Review

REBORN: INDRA LESMANA

REBORN dalam bahasa Indonesia bermakna “Kelahiran Kembali” merupakan sebuah judul dan tema album terbaru milik INDRA LESMANA (34). Indra Lesmana mengawali karirnya pada tahun 1978 dengan merilis album berjudul “Ayahku Sahabatku”. Hingga kini Indra Lesmana telah memproduksi 39 buah album dan REBORN merupakan album solo miliknya yang ke-14.

Album REBORN terdiri atas 6 buah lagu jenis instrumental dan 6 buah lagu jenis vocal. Diantara 12 karya tersebut Indra mencantumkan 6 karya barunya, 5 buah karya lama hasil daur ulang dan sebuah lagu milik Miles Davis berjudul MILESTONES. 5 buah karya lama yang hadir kembali tersebut adalah : CHILDREN OF FANTASY ( dari album Children Of Fantasy oleh Jack & Indra Lesmana Quartet tahun 1981 ), NOSTALGIA ( dari album Nostalgia oleh Indra Lesmana tahun 1982 ), SLEEPING BEAUTY (dari album No Standing oleh Nebula tahun 1982 ), AKU INGIN (dari album Aku Ingin oleh Indra Lesmana tahun 1990 ) dan SAAT YANG TERINDAH (dari Album Saat Yang Terindah oleh Ermy Kullit tahun 1999 ).

Dengan membawa konsep Indonesian Urban Jazz, Indra pun mengemas dan memadukan unsur jazz dengan berbagai jenis rhythm lainnya sehingga keseluruhan album Reborn tampil dengan nuansa yang berbeda dengan album Indra terdahulu. Hal tersebut diwujudkan Indra antara lain pada lagu DEVOTION dengan nuansa smooth jazz, lagu REBORN dengan memadukan unsur latin dan jungle jazz ambient, lagu MILESTONES dengan unsur jungle jazz hingga lagu IMAN & TAQWA yang memiliki unsur techno ambient. Perbedaan nuansa dapat ditemukan pula melalui versi terbaru lagu NOSTALGIA yang menghadirkan duet penampilan Indra Lesmana dalam vocoder dengan EQ Humania, serta lagu AKU INGIN yang kini hadir dengan sentuhan jazzy.

Sementara itu hampir disetiap sentuhan dalam album Reborn dijelaskan Indra memiliki pesan maupun makna pribadi sehingga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari konsep dasar pengemasannya. “Nuansa hingga penyusunan lagu dalam album Reborn tak pelak sangat dipengaruhi oleh beberapa peristiwa dan merupakan pengungkapan pengalaman perjalanan spiritual saya, walaupun pada hakikatnya tema Reborn dapat berlaku bagi setiap individu. Dalam hubungannya dengan musik jazz, saya berkeinginan untuk dapat membangkitkan kembali apresiasi masyarakat terhadap musik jazz melalui album Reborn. Sehingga jazz dapat dinikmati oleh berbagai kalangan pecinta musik jenis manapun” Indra menjelaskan.

Selain terdapat nama-nama seperti Dewa Budjana, Donny Suhendra dan Ron Reeves, pada album REBORN Indra Lesmana memberi kesempatan kepada beberapa musisi muda untuk berkolaborasi. Mereka adalah EQ Puradiredja & Rediyanto Heru (Humania) dan Andrie Bayuadji (Kahitna). Disamping itu terdapat pula keberadaan beberapa musisi yang tergabung dalam group INDRA LESMANA – REBORN yakni : A.S Mates (Java Jazz) pada bass, Sri Aksana Syuman (eks. Dewa 19) pada drum, Riza Arshad (Simak Dialog) pada accordion, Arief Hussein pada Saxophone, Kevin Wahl pada Trumpet, Abdullah dan Dr. Iwang Gumiwang pada perkusi yang mengisi hampir disetiap lagu. Formasi INDRA LESMANA – REBORN telah terbentuk sekitar awal bulan Maret tahun 2000 beberapa saat sebelum album REBORN mulai diproduksi dan kerap tampil secara live pada beberapa kesempatan pertunjukan jazz.

Pada album ini selain menjadi producer, composer, arranger, music director, Indra juga mengisi beberapa vocal dan seluruh bagian piano, keyboards, synthesizer dan Fender Rhodes, ia terlibat langsung sebagai Sound Engineer. REBORN adalah project album yang ke-24 sejak Indra memulai karirnya sebagai Sound Engineer pada tahun 1984 untuk album Tragedi.

Indra mengharapkan album Reborn dapat menghasilkan kualitas suara yang maksimal. “Reborn merupakan bukti kesetiaan saya terhadap musik, karena itu saya ingin mempersembahkan kualitas musik yang lebih baik bagi pihak BMG, Swarabumi, saya pribadi dan musik Indonesia sehingga album Reborn selayaknya dapat menjadi reference yang positif “ Indra mengungkapkan . ” dan makna Reborn pun dapat memeriahkan kebangkitan musik jazz di Indonesia khususnya bagi generasi muda “.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
WhatsApp Perlu bantuan?

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker