Review

DIANA KRALL – STEPPING OUT

DIANA KRALL “STEPPING OUT”
(Justin Time, Just 50-2, 2000)

Komposisi :
1. This Can’t Be Love 4:26
2. Straighten Up And Fly Right 3:51
3. Between The Devil And The Deep Blue Sea 3:58
4. I’m Just a Lucky So And So 4:20
5. Body And Soul 5:34
6. 42nd Street 6:20
7. Do Nothin’ Till You Hear From Me 4:32
8. Big Foot 6:59
9. Frim Fram Sauce 4:10
10. Jimmie 5:26
11. As Long As I Live 4:39
12. On The Sunny Side Of The Street 4:51

Musisi :
Diana Krall : Vokal & piano
John Clayton : Bass
Jeff Hamilton : Drums

Pianis peraih Grammy ini tidak hanya mengandalkan penampilannya saja tetapi juga kepiawaian bermain piano dan vokal yang bagus untuk meraih sukses. Pianis dan vokalis ini juga terkenal dalam membawakan atau lebih tepatnya menginterpretasikan lagu-lagu standard dan Diana Krall mampu memberikan penghayatan atau mood yang cukup dalam pada setiap lagu yang dibawakannya walaupun mungkin bisa dikatakan dengan pendekatan normative atau tradisional dan belum memunculkan sesuatu yang baru selain ketrampilan teknik yang bagus baik dalam permainan piano dan vokalnya yang berat dimana hampir mendekati atau mirip dengan warna suara para penyanyi Negro, hanya sentuhan popnya lebih tampak daripada sentuhan bluesnya. Dan ini tidak mengherankan karena Dina Krall sendiri pernah mengatakan kalau pengaruh pop semua muncul di lagu-lagu yang dibawakannya.

Album yang berisikan lagu-lagu instrumentalia dan vokal ini sebenarnya bukan sama sekali baru karena pernah direkam pada tahun 1993 dan diremaster 1999 dan baru direlease oleh Justin Time pada tahun 2000 dengan tambahan track satu lagu yang belum direlease sebelumnya yaitu “On The sunny Side Of The Street”. Di album ini Krall dibantu oleh rhythm section yang sudah banyak berpengalaman dalam jazz yaitu John Clayton pada bass dan Jeff Hamilton pada drums. Selain membawakan lagu-lagu standard dalam album ini Krall juga membawakan komposisi instrumental ciptaannya sendiri yaitu “Jimmie” yang ditulis untuk dipersembahkan kepada dua orang Jimmie yaitu Jimmie Rowles salah seorang pianis favoritnya dan Jim Krall, dalam komposisi yang berirama ballad ini permainan bass yang digesek dari John Clayton menghasilkan melodi-melodi manis demikian juga sound dan phrasing dari permainan piano Diana.

Beberapa lagu lagi yang patut untuk disimak adalah “As Long As I Live” yang menampilkan phrasing yang bagus dari Diana sebagai seorang vokalis dan pengucapan lafal yang jelas (ini sesuatu yang bisa memberi nilai lebih pada seorang vokalis) hingga enak untuk didengarkan. “Big Foot” salah satu instrumentalia dalam album ini yang menampilkan permainan piano dari Diana yang bercorak dan mengambil line funky mungkin agak mirip dengan permainan dari Horace Silver dan permainan rhythm section yang memakai pola 2/4 dan berangsur-angsur berubah secara halus dan lembut ke 4/4. Pengaruh permainan dari Rowles pada Diana tampak sekali dalam “Between The Devil And Deep Blue Sea” dan perpaduan permainan brush yang sangat bagus dari Hamilton dan “walking bass” yang bersih dari Clayton cukup menarik untuk disimak. Dedikasi Diana pada Nat King Cole tercermin dalam lagu “Straightten Up And Fly Right” salah satu hit lama dari Cole dan seperti biasa Diana membawakannya dengan bagus sekali dan dengan warna funky. Secara keseluruhan album ini cukup menarik untuk disimak dan menampilkan ketrampilan Diana Krall memainkan komposisi-komposisi instrumentalia lagu standard dan juga lagu-lagu dengan vokal dan kemampuannya yang bagus dalam bermain straight ahead. (Ajie/WJ)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker