Review

ROBERT DICK / JOHN WOLF BRENNAN / DANIELE PATUMI – AUREALIS

ROBERT DICK / JOHN WOLF BRENNAN / DANIELE PATUMI
AUREALIS (Victo CD052)

Komposisi :
1. Panorama 4:38
2. A From U 5:55
3. The Peacock 6:06
4. Tarradiddle 7:28
5. Stellar Nursery 10:10
Alderaran 1:11
Betelguese 0:49
Canopus 1:08
Eridanus 1:47
Formax 1:58
6. Chi 11:33
7. We Want That Owl 3:54
8. Steppes 2:04
9. Which Craft? 2:26
10. Peace For Now 3:28
11. Bonsai 2:33

Musisi :
Robert Dick : flute, alto flute, C & F bass flute, kontrabass flute, piccolo
John Wolf Brennan : piano, prepared piano, celeste
Daniele Patumi : bass

Real, unreal, sureal, aura, aural menjadi Aurealis? Itulah gambaran yang abstrak untuk proyek John Wolf Brennan dan kawan-kawan dalam album ini. Secara kasar, sepertinya usaha mereka dalam sebuah proses alamiah untuk mengkombinasikan antara tradisi musik klasik modern dan berbagai sumber materi dari akar-akar tradisi musik etnis yang dikotomis itu. Sementara mereka sendiri mempunyai modal dengan estetika gaya downtown New York. Proses tersebut dapat dimanifestasikan dengan baik dalam diri mereka.

Penjelajahan ide, gagasan, imajinasi dan emosi berhasil mengalir dengan begitu saja dari 3 musisi yang berasal dari 3 negara ini. Kalau kita simak track record mereka; John Wolf Brennan yaitu seorang improviser dan komposer modern warga negara Swiss yang selalu mencari akar-akar budaya asalnya dari Irlandia. Robert Dick, musisi muda Amerika Serikat yang ahli bermain flute ini dalam perjalanan kariernya juga terlibat dengan kelompok Nine Winds (Ned Rothenberg: sax dan Herb Robertson: trumpet) dan kelompok ADD ( Christy Doran: gitar dan Steve Argueles: drum). Sedangkan Daniel Patumi banyak terlibat dengan musisi dari Swiss maupun dari tempat asalnya sendiri, Itali.

Sebagaimana komposisi-komposisi yang mereka bawakan merupakan bagian dari hasil kolaberasi, sinergi dan tukar menukar pengalaman dan ide yang barangkali dapat menyeimbangkan harapan mereka bersama secara memuaskan. Banyak materi-materi yang penuh kejutan yang dimainkan dengan gaya improvisasi secara bebas dalam formasi solo, duo maupun trio. Kita di sini dapat mendengarkan tema-tema melodi yang terbuka dan ditelusurinya secara mendalam. Serta pola-pola irama dan warna sound yang kaya. Inilah sebuah karya yang membuat kita dalam waktu kurang lebih satu jam mampu menerbangkan imajinasi kita.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker