Review

ANDREW HILL “DUSK”

ANDREW HILL “DUSK”
(Palmetto records, PM2057, 2000)

Komposisi:
1. Dusk 11.52
2. ML 4:06
3. Ball Square 4:20
4. Tough love 7:19
5. Sept 12:17
6. T.C. 7:47
7. 15/8 10:23
8. Focus 0:51

Musisi :
Andrew Hill :
Piano
Ron Horton : Trumpet
Greg Tardy : Tenor saxophone, clarinet, flute
Marty Ehrlich : Alto saxophone
Scott Colley : Bass
Billy Drummond : Drums

Beli album ini

Andrew Hill pianis senior yang baru saja mendapatkan penghargaan Best Composers dari The Jazz Journalist Association dan pernah melahirkan salah satu album masterpiece jazz “Point of Departure” pada tahun 60-an bersama pemain alto saxophone dan bass clarinet Eric Dolphy, tenor saxophonis Joe Henderson, trumpetis Kenny Dorham, bassis Richard Davis dan penabuh drum Tony Williams dimana album ini dipuji oleh banyak kritisi jazz pada saat itu dan banyak para pengamat jazz yang sepakat menilai album tersebut sebagai salah satu album yang memberi warna baru pada musik jazz dan memberikan bintang lima. Andrew Hill sendiri seorang pianis yang mempunyai gaya dan menempuh jalur bop, hard bop maupun avant garde dan banyak terpengaruh oleh Thelonoius Monk dan Cecil Taylor walaupun dia bisa menemukan bentuk permainannya dan gayanya sendiri mungkin bisa dikatakan permainannya mempunyai intensitas Cecil Taylor dan keunikan melody dan harmoni dari Thelonious Monk tapi dengan gaya yang lebih soft..

“Dusk” sebagai lagu pembuka mengawali dengan warna ballad yang terkesan sangat lyrical juga memperkenalkan permainan masing-masing solois secara bergantian dan seperti menawarkan gaya permainan dari masing-masing musisinya. “ML” atau singkatan dari My love diawalai dengan accapella dari permainan alat tiup (horn) disusul duet alto dan piano baru kemudian semua ensemble masuk dengan dikombinasi solo antara lain oleh Greg Tardy dengan kekuatan tiupan saxophonnya dan perlahan fade out. Diawali dengan permainan piano yang enerjik dan permainan ensemble yang kadang tidak beraturan memainkan semacam kontrapung. Permainan solo piano dari Hill di lagu “Tough Love” dimana dapat didengarkan gaya permainan dari Hill dimana dia memainkan melodi dibelakang beatnya dan kadang seperti ada sekat hal ini memang mengingatkan pada gaya Monk , dan sepertinya ada kesan semacam konteplasi dan suasana meditative pada permainan solonya ini. Variasi warna suara dan tekstur nada tampak pada “Sept” diman menitik beratkan pada kolektif improvisasi, solo trumpet dari Horton menghasilkan variasi nada dan membuat terdengar menawan juga alto saxophone dari Ehrlich yang dapat mensimilarkan dengan permainan Horton dan Hill didukung dengan permainan rhythm section yang mampu mengimbangi melodi-melodi yang diaminkan sehingga memunculkan suatu harmoni yang selaras. “TC” sebuah komposisi yang diciptakan untuk mengenang mendiang pemain reeds Thomas Chapin menitik beratkan pada permainan bass clarinet dari Greg Tardy dan permainan piano yang indah dari Hill dengan improvisasi yang lebih spontan dan lepas.”15/8″ komposisi dengan tempo yang cepat diawali dengan permainan walking bass dari Colley yang cepat bersamaan dengan permainan melody piano dari Hill, disusul Drummond melakukan phasing dengan tempo cepat dan permainan solo improvisasi dari Tardy yang juga memainkan klarinet dan Ehrlich dengan lemgkingan saxophonya yang banyak melakukan blowing dan komposisi ini tampaknya merupakan unggulan karena para pemainnya seperti tampil seolah-olah mengeluarkan semua kemampuannya dan teknik yang mereka miliki sehingga terdengar riuh dan komposisi ini diakhiri dengan duet tenor sax dan drum yang mengingatkan pada duet John Coltrane dan Rashied Ali sebelum semua pemain mengakhiri lagu ini. “Focus” lagu penutup yang merupakan solo piano pendek dari Hill.

Untuk maksud dan mepresentasaikan kembali ensemble pada “Point of Departure” sepertinya bisa dikatakan album ini cukup berhasil dan komposisi-komposisi yang dihasilkan sangat bagus begitu juga dengan permainan para musisinya yang rata-rata masih muda sehingga memberi enerji dan kekuatan dari ensemble ini, sayangnya secara musikalitas memang Hill tidak menampilkan sesuatu yang baru tapi minimal permainan Hill masih terlihat konsisten seperti 40-an tahun yang lalu. (Ajie/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker