Review

DAVE DOUGLAS – LEAP OF FAITH

DAVE DOUGLAS - LEAP OF FAITH
DAVE DOUGLAS - LEAP OF FAITH

DAVE DOUGLAS – LEAP OF FAITH
(Arabesque Records, AJ0145)

Komposisi:
1. Caterwaul 3:13
2. Leap of faith 8:11
3. Another country 6:07
4. Millennium Bug 6:35
5. Emmenthaler 1:19
6. Mistaken Identity 7:27
7. Guido’s High Note 3:09
8. Continental Divide 9:53
9. Igneous 7:32
10. Western Haiku 5:51
11. Euro Disney 4:54

Musisi :
Dave Douglas :
Trumpet
Chris Potter : Tenor saxophone
James genus : Bass
Ben Perowsky : Drums

Dave Douglas Quartet adalah salah satu dari beberapa grup bentukan trumpetis dan komposer yang penuh ide Dave Douglas dimana ide dari quartet ini lain dengan beberapa grup bentukan Dave seperti Tiny Bell trio, Dave Douglas Sextet atau Charm of the Night Sky dimana ide dari quartet ini adalah memainkan lagu-lagu atau komposisi “contemporary jazz” dan “new standard” dengan improvisasi yang baru dengan banyak memasukan unsur-unsur musik lain, walaupun dengan dasar warna post-bop. Ini merupakan album kedua dari quartet ini dan Dave dibantu oleh Ben Perowsky, drummer pentolan dari grup Lost Tribes, Chris Potter seorang bop-saxophonis modern dan James Genus pada bass.

“Caterwaul” mengawali album ini dimana permainan trumpet dan sxophone saling bersatupadu dalam sebuah segment dengan pengendalian rhythm section yang bagus tapi juga kadang dialog antar instrumen seolah-olah berada dalam arah yang berlainan. Dari awal lagu ini sudah menunjukkan keserasian permainan mereka terutama dukungan rhythm sectionnya yang mengerti kemana arah dari leadernya. Warna bop kadang-kadang diberi sentuhan latin tampil dalam “Leap of Faith” komposisi ini sepertinya dimainkan dengan full force, improvisasi tenor sax Chris sangat melengkapi dan mendukung permainan trumpet dari Dave dimana kadang mereka berdua seperti berputar-putar sebelum menyatukan permainan horn mereka. Warna timur tengah mewarnai lagu “Another Country” dan “Mistaken Identity”, dimana hal ini menyerupai grup John Zorn Masada dimana Dave juga ikut terlibat, dalam komposisi ini duet dari Chris dan Dave tampaknya lebih diberi keleluasaan dan terkesan mereka tidak peduli berpa lama dan panjang improvisasi mereka sampai komposisi ini habis dengan sound dari keduanya yang kadang melengking kasar dan kadang halus dan lembut. “Millennium Bug” diwarnai dengan beat rock atau funk dari bass dan drums dengan tempo yang pelan dan berubah secara halus ke uptempo. Dialog yang penuh humor dari para musisinya terekam dalam komposisi pendek “Emmenthaler” mengingatkan pada musik sarkasme ala Frank Zappa dengan dialog yang saling sahut menyahut dan sound-sound yang terdengar humoris.”Guido’s High Note” dan “Igneous” banyak menampilkan free improvisation dari solo Dave Douglas yang kadang mengambil nada-nada tinggi dan panjang. Sound trumpet yang bergelombang memberi suasana pada “Continental Divide” seolah seperti suara angin dilembah-lembah gunung. “Western haiku” merupakan ballad improvisation dan warna musik march yang hampir mirip seperti gaya musik Albert Ayler dan album ini ditutup dengan “Euro Disney” yang nge-bop dengan ketukan drum swing dan walking basss dari James Genus. Album ini menunjukkan bagaimana Dave Douglas mengembangkan ide-idenya terhadap musik jazz dengan dukungan para musisi yang mengerti dan bisa meninterpretasikan ide-ide Dave Douglas dan bisa dibilang salah satu musik jazz modern dimana jazz dimainkan dan diperluas dengan ide-ide yang baru.

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
WhatsApp Perlu bantuan?