Review

John Stein – Portraits And Landscapes

John Stein – Portraits And Landscapes
(Jardis JRCD 20029)

Kompsosis:

1. Samba Night 7:36
2. Moonlight In Vermont 5:58
3. Be Ooo Ba 4:41
4. Sarlat 7:11
5. Mister Dave 5:28
6. Madelyn 5:49
7. Sammy 6:32
8. Rio Con Brio 6:37
9. Ben J Man 4:57
10. Switch-A-Roo 6:25

Musisi :
John Stein : guitar
Larry Golding : piano & hammond organ
Bill Thompson : flute, alto & tenor sax
Keala Kaumeheiwa : bass
Greg Conroy : drum

Kadang-kadang sebuah kesederhanaan dalam mengekspresikan ide dapat memberikan kita alunan emosi dan musikal yang menggugah. Kalau itu dikatakan sebagai hal yang bertentangan, itulah salah satu aspek yang muncul dari sebuah ‘adonan’ dalam musik jazz. Di sini banyak interval nada yang diungkapkan dalam gaya improvisasi John Stein lebih menunjukan bahwa dia mempunyai akar yang kuat dengan blues dan bebop. Dia mempermainkan tema melodi dengan kalimat yang manis dan lirikal, contohnya dapat diperdengarkan melalui ‘Sarlat’.

Dalam album ini John Stein banyak menuliskan komposisi dan membawakan satu-satunya komposisi standard ‘Moonlight In Vermont’ ke dalam beberapa gaya musik jazz yang pernah ada seperti swing, bebop, hard bop, soul dan bossa nova. Dengan denyut nadi balada sampai tempo yang lebih cepat. Kesemuanya itu dia mencoba untuk mengemasnya dengan bahasa yang lebih kontemporer (baca: nge-trend).

Musisi pendampingnya cukup luwes untuk menyertainya. Mereka antara lain pemain bass Keala Kaumeheiwa yang merupakan salah seorang dari lulusan Thelonious Monk Institute, Greg Conroy yang lulusan dari New England Conservatory dan tamu spesial Larry Golding serta Bill Thompson. Namun menurut hemat penulis, kelompok ini gagal dalam usaha untuk menangkap ‘api’ di dalam sebuah kesederhanaan, sehingga hasilnya mudah membeku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker