Review

BRUNO RABERG – PRESENCE

Orbis Music yang didirikan oleh pemain bass Bruno Raberg dari Swedia ini mengeksplorasi musik jazz yang dipadukan dengan world music khususnya dari Scandinavia dan ritme-ritme musik Afrika kadang dengan sentuhan arau gaya funk. Dengan didukung oleh para pemain yang sangat bertalenta dan mempunyai kemampuan yang sangat prima, album-album Bruno Raberg menjadi suatu album dengan kekuatan musik yang sangat bagus, baik dari segi komposisi maupun improvisasinya, para pemainnya seolah-olah menyatu dalam suatu spirit untuk bersama-sama melagukan bahasa musik yang indah dan penuh imajinasi.

Dengan album kedua Presence yang dimainkan dalam format Trio bersama saxophonist Ole mathisen dan pemain drums Marcello Pellitteri, dalam album ini nada-nada musik folk dari Scandinavia tampak lebih menonjol hingga kita seolah-olah dibawa kedalam suatu suasana kehidupan daerah Scandinavia, terutama jika kita mendengarkan lagu Runestones dan Berg-kirsti’s polska yang diadaptasi dari lagu tradisional Norwegia dan Swedia yang diaransemen dengan indah oleh Raberg, imajinasi kita pasti akan melanglang buana ke dalam kehidupan dan alam daerah-daerah Scandinavia. Walaupun banyak musiknya yang menapilkan suatu nada-nada indah tapi ada beberapa lagu dengan suatu bentuk kolektif improvisasi yang diperagakan oleh Trio ini yaitu, Sculpture I dan Sculpture II dalam dua lagu ini kehandalan musisinya dalam berimprovisasi akan sangat tampak sekali dan msing-masing musisinya seolah-olah berdialog dengan bebas tapi saling mendukung. Yang patut disimak juga lagu Procession, diman dalam lagu ini bass line dimainkan dengan basic 11/4 dan merupakan suatu musik yang unik diman kita diajak untuk mengikuti langkah dari bass line yang dimainkan oleh Bruno Raberg.

Musik dari Bruno Raberg bisa dikatakan merupakan suatu lirik-lirik dipadukan dengan ritme-ritme yang sangat indah , walaupun musiknya kompleks tapi teredeengar sangat merdu, hanya memang dibeberapa lagu masih tampak suatu eksplorasi yang masih harus diperdalam lagi, tapi itu tidak akan mengurangi kualitas musik Bruno Raberg yang sangat bagus.

BRUNO RABERG – PRESENCE
Orbis Music OM9902

Komposisi :

1. Runestones 6:20
2. Jaquemonti Birch 4:50
3. Procession 9:08
4. Sculpture II 4:35
5. Twin Spirits 9:31
6. Berg-Kirsti’s Polska 3:28
7. Sculpture I 4:32
8. Nothing Special 5:41
9. Presence 5:13

Musisi :
Bruno Raberg : Acoustic Bass
Ole Mathisen : Soprano, Tenor Saxophone, Clarinet
Marcello Pellitteri : Drums & Percussion

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker