Review

BEIJING TRIO

Beijing Trio bisa dikatakan suatu grup yang bersemangatkan inkulturasi budaya, beranggotakan pemain drums dan perkusi yang sudah senior dan legendaris Max Roach yang sudah bermain dan bersinar namanya sejak era Charlie Parker dan masih aktif sampai sekarang bermain dalam berbagai macam genre jazz mulai dari bebop sampai avant garde. Kemudian Jon Jang pianis berdarah campuran Vietnam-China ini leader dari Pan Asian Orchestra, banyak bergelut dalam musik tradisional dan contemporary music dan sudah banyak bermain bersama musisi-musisi jazz terkemuka seperti David Murray, James Newton dan masih banyak lagi, seorang lagi adalah wanita berdarah China Jiebing Chen pemain Erhu anggota dari Shanghai’s Symphony Orchestra dan juga sudah banyak bermain dengan para musisi jazz terkemuka seperti Bella Fleck dan Billy Taylor selain merupakan anggota dari Jon Jang Sextet.

Pada album ini bisa dirasakan suatu perpaduan budaya barat dan timur yang dibawa masing-masing musisinya baik secara spiritual, ritual dan tradisi, perpaduan antara blues, jazz dan musik tradisional China yang menyatu dalam satu bahasa musikal, sebuah dialog budaya yang diwujudkan dalam sebuah hasil musikal yang sangat indah dan dapat mengekspresikan suatu perasaan dari masing-masing musisinya sehingga kita bisa larut ke dalamnya. Sebuah kolaborasi yang saling menghormati dan dialog yang saling menghargai dari para musisinya melalui permainan instrumen masing-masing sehingga menyerupai suatu wujud demokrasi dalam keuniversalan musik, dan dapat menunjukkan bagaimana terbukanya musik jazz sehingga dapat berinteraksi dengan berbagai macam musik lain dalam hal ini musik dari tradisi China. Dengan kemampuan dan integritas yang tinggi dari Max Roach, Jon Jang dan Jienbing Chen dalam mengekspresikan musiknya kita dibawa kedalam berbagai macam suasana dan seperti menyaksikan bermacam-macam ilustrasi yang mengesankan.

Moon Over the Great Wall,
mendemonstrasikan duet antara Max Roach dan Jong Jang, menggabarkan suasana malam hari dengan cahaya rembulan yang menerangi tembok besar China yang agung, permainan drums dengan beat yang mantap dan variatif disatukan dengan permainan piano Jon Jang yang bervariasi memainkan nada-nada etnic dan blues bahkan kadang free dapat dirasakan menggambarkan suasana yang diinginkan. Trio permainan erhu, drums dan piano dapat didengarkan pada lagu Sweet Whisper of a Flower, dimanan permaian erhu yang sangat indah dari Jiebing Chen mwmbawa suasana syahdu dan terasa magis, kemudian pada lagu Hearth in a Different Place, yang penuh dengan improvisasi yang melukiskan bersatunya hati dan jiwa yang berbeda ke dalam satu tempat sehingga dalam lagu ini kita menemukan banyak variasi gaya musik dan improvisasi yang sangat variatif, Juga pada lagu Now’s the TIME ! yang mengambil tema utama dari komposisi bebop milik Charlie Parker “Now’s the Time”, tapi disini dimainkan dengan suatu bentuk dan spirit yang baru, perbedaan penulisan dari kata “Time”, dimaksudkan menunjukkan sesuatu yang baru dan lain. Duet antara drums dan erhu pada lagu Fallen Petals, penuh dengan nuansa tradisional china. When The Blossoms Bloom, karya Jon Jang yang didedikasikan pada pemaian ice skating Michelle Kwan yang telah membawa nama harum bagi China, dimainkan dalam duet piano dan erhu, disini kita bisa mendengarkan kemampuan permainan erhu yang sangat brilian, Chen dapat menghasilkan suara-suara yang variatif dan bermacam-macam dari alat ini, lagu terakhir dari album ini dipersembahkan untuk pendatang China di Amerika yang sangat legendaris dan terkenal diseluruh dunia yaitu jagoan kung fu Bruce Lee, duet piano dan drums dari Max Roach dan Jon Jang dengan sangat tepat dapat menggambarkan keperkasaan seorang Bruce Lee sekaligus kehidupannya yang penuh tragedi.

Album Beijing trio ini merupakan album yang sangat bagus, penuh dengan pendekatan-pendekatan yang intuitif, humanis, imajinatif dan sangat brilian dari para musisinya, sebuah bentuk pencarian nilai-nilai spirit musik yang lain dan baru dan mungkin sangat tepat dalam semangat era globalisasi atau Global Village.

BEIJING TRIO
Asian Improve Record AIR 0044

Komposisi :

1. Moon Over of the Great Wall 11:41
2. Sweet Whisper of a Flower 09:22
3. Heart in a Different Place 06:17
4. Fallen Petals 07:05
5. Now’s the TIME! 07:03
6. When the Blossoms Bloom
( dedicated to Michelle Kwan ) 05:03
7. The Flowing Stream
( dedicated to Bruce Lee ) 11:53

Musisi :
Max Roach :
Drums
Jon Jang : Piano
Jiebing Chen : Erhu ( Chinese two-string violin )

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker