Profile

Mica Paris – penyanyi, presenter dari Inggris

Mica Paris dikenal sebagai penyanyi, presenter, dan artis Inggris yang pada 2003 dianugerahi Penghargaan Lencana Emas oleh The Ivors Academy atas kontribusi khusus untuk industri hiburan Inggris. Pada tahun 2004, ia berada di daftar dari 100 Great Black Britons yang disusun untuk merayakan pencapaian dan konstribusi yang dibuat oleh komunitas Kulit Hitam Inggris selama berabad-abad.
Terlahir dengan nama Michelle Antoinette Wallen, 27 April 1969, di Islington, London, ketika berumur 9 tahun ia pindah ke Brockley, Inggris.
Paris merilis album debutnya, “So Good” pada tahun 1988, yang menghasilkan hit single diantaranya; “My One Temptation” dan “Where Is the Love”. Selama kariernya Paris telah merilis tujuh album: “Contribution” (1990), “Whisper a Prayer” (1993), “Black Angel” (1998), “If You Could Love Me” (2005), “Soul Classics” (2005), “Born Again” (2009) dan “Bible” (2020).
Pada 2020, Paris berperan dalam opera sabun BBC “EastEnders” sebagai Ellie Nixon.
Pada usia.17 tahun, ia menjadi vokalis latar band Hollywood Beyond dan muncul di album mereka, “If” (1985). Pada 1988 album solo perdananya, “So Good” meraih sukses, ketika itu ia baru berusia 19 tahun.
Album berikutnya, “Contribution” memperluas pengaruh soul dan gospel. Paris membawa hip hop yang menampilkan lagu, “If I Love U 2 Night” yang ditulis oleh Prince dan direkam di studio Paisley Park miliknya.
Paris juga mengisi soundtrack Walt Disney Pictures untuk film “High Heels and Low Lifes”.
Ketika album, “Born Again” dikeluarkan dia memulai tur nasional termasuk konser di Jazz Cafe pada Februari 2009 untuk menampilkan materi lagu di album ini.
Pada 2002, Paris menyelenggarakan sebuah program BBC Radio 2, berjudul “Soul Solutions” dan ikut memproduksi beberapa film dokumenter musik untuk stasiun tersebut.
Dia juga menyajikan film dokumenter televisi Channel 4 di tahun 2002 “The Gospel of Gospel” diproduksi dan disutradarai oleh David Upshal, film ini menampilkan kontribusi dari beberapa nama besar seperti Ray Charles, Isaac Hayes, BB King, Al Green, Chaka Khan, Alexander O’Neal dan lainnya.
Paris ditunjuk sebagai Anggota Ordo Kerajaan Inggris (MBE) dalam Penghargaan Ulang Tahun 2020 untuk layanan musik, hiburan, dan amal.

Ahmad Jailani

Menyukai jazz sejak masih di SMP. Wiraswastawan yang mulai membentuk komunitas Balikpapan Jazz Lovers pada 2008 ini juga kerap menulis artikel jazz di koran-koran lokal di Balikpapan dan sejak 2009 rutin menulis tentang jazz di akun facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker