Review

BUBI CHEN – VIRTUOSO

Bubi Chen, musisi jazz papan atas di Indonesia yang pernah dijuluki “Art Tatum of Asia”ini pernah juga disebut sebagai pianis jazz terbaik Asia versi majalah jazz terkemuka Amerika, Downbeat. Kepiawaiannya memainkan jemari diatas tuts piano seakan-akan menggambarkan judul albumnya yaitu Virtuoso yang berarti ahli memainkan alat musik.

Pada album Virtuoso ini terasa kental sekali pengaruh Art Tatum dan Oscar Peterson (simak Side A no I frog Walk). Bubi Chen yang sempat bermain dengan beberapa musisi jazz papan atas dunia seperti Albert “Tootie” Heath, Jeremie Monteiro, kali ini dibantu Belinda Moody(bas), Louis Soliano (drum, vokal), dan Yvette Atienza(vokal). Diantara 12 tembang yang disajikan terdapat tiga komposisi baru ciptaannya yaitu Home, Ku Lama Menanti(KLM) dan Frog Walk. Selebihnya merupakan komposisi standard yang tidak asing bagi para penggemar jazz, seperti Bluesette, Blue Bossa, Softly as in a Morning Sunrise, Antonio’s Song(hits dari Michael Frank yang pernah sangat populer di Indonesia), My Funny Valentine, Fly Me to The Moon, Moody’s Mood for Love (hits dari George Benson), Body & Soul dan Here’s that Rainy Day.

Langkah Bubi Chen dengan memunculkan album ini memang merupakan langkah berani di tengah semaraknya rekaman jenis musik yang lain. Kehadiran Virtuoso semakin memantapkan predikat dirinya sebagai maestro jazz di Indonesia dan dapat menjadi penawar kerinduan para penggemar jazz akan kelangkaan album jazz dari musisi Indonesia yang bernafaskan mainstream.

BUBI CHEN – VIRTUOSO
Legend – 1995

Komposisi:

 

Musisi :
Bubi Chen
: Piano

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker