Review

NIACIN – NIACIN

Menurut Dorland’s Dictionary istilah Niacin sama dengan pengertian Vitamin B Kompleks. Album baru dari kelompok baru yang diproduseri oleh Chick Corea dengan Stretch Recordnya ini kelihatannya ingin menjadi vitamin yang memberi kekuatan dan tenaga bagi masing-masing personilnya yang memang pada mulanya dari berbagai aliran musik yang saling berseberangan. John Novello yang memainkan Hammond B-3 adalah musisi yang banyak membantu Manhattan Transfer, Dennis Chambers yang dikenal dengan powernya yang kuat adalah seorang dramer yang banyak berinteraksi dengan musisi jazz papan atas seperti John McLaughlin, Joey DeFransisco, John Scofield dan lain-lain, sementara bassis Billy Sheehan cukup lama malang melintang di rimba musik rock dengan David Lee Roth Band kemudian yang terakhir dengan supergrupnya yaitu Mr. Big.

John Novello dalam memainkan Hammond B-3 banyak terpengaruh dengan Jon Lord, Steve Winwood, Larry Young dan Jimmy Smith. No Man’s Land sebagai lagu pembuka kelihatan memadukan antara soul dan funky yang cukup kental. Pada lagu Spring Rounds, Niacin mencoba untuk membawakan karya Stravinsky dalam idiom jazz rock meskipun masih agak tanggung. Seandainya digarap lebih serius pasti hasilnya akan lebih bagus. Permainan John Novello pada Do A Little Dirty Work, I Miss You dan Bullet Train Blues mengingatkan pada gaya permainan Jon Lord saat bergabung dengan Santa Barbara Machine Head (suatu kelompok blues pada tahun 60-an yang didirikan oleh keyboardis Deep Purple ini bersama gitaris Ron Wood dan bassis Kim Gardener).

Kalau Kita amati Billy Sheehan kelihatan belum bisa meninggalkan Mr. Big style-nya. Masih terasa sekali terutama pada lagu No Man’s Land, Hell To Pay, Last Ditch Rag dan Pay Dirt. Untuk Dennis Chambers sendiri yang paling menonjol memang power yang dia hasilkan (yang terkadang justru agak mengganggu harmonisasi dari lagu yang dimainkan). Meskipun demikian pengembaraannya dalam musik jazz seperti dengan John McLaughlin dalam Free Spirits memberi kedewasaan dalam mencari timing yang tepat dimana saat harus sebagai rhythm dan dimana saat dia mendapat kebebasan memamerkan teknik. Sering sekali kesan permainan drams-nya tidak hanya sebagai pengiring tapi juga maju ke depan sebagai lead, tampak pada lagu Klaghorn. Nuansa hard rock era flower generations tahun 70-an sangat terasa pada lagu Hell To Pay dan Last Ditch Rag. Disambung dengan Spring Rounds Squared yang berpola ala hard bop. Namun secara keseluruhan album dari Niacin ini cukup bagus untuk sebuah grup baru. Yang jadi pertanyaan sekarang Niacin ini adalah grup jazz rock ataukah grup rock yang ngejazz?

NIACIN – “NIACIN”

Komposisi:
1. No Man’s Land (Novello/Sheehan) – 4:58
2. Clean-Up Crew (Novello/Sheehan) – 1:07
3. Do a Little Dirty Work (Novello/Sheehan) – 5:49
4. I Miss You (Like I Miss the Sun) (Novello/Sheehan) – 4:54
5. One Less Worry (Novello/Sheehan) – 4:12
6. Three Feet Back (Novello/Sheehan) – 5:31
7. Bullet Train Blues (Novello/Sheehan) – 4:53
8. Hell to Pay (Novello/Sheehan) – 4:35
9. Alone on My Own Little Island (Novello/Sheehan) – 4:53
10. For Crying Out Loud (Novello/Sheehan) – 3:30
11. Klaghorn (Novello/Sheehan) – 6:29
12. Spring Rounds (Stravinsky) – 2:36
13. Spring Rounds Squared (Novello/Sheehan) – 3:00
14. Pay Dirt (Novello/Sheehan) – 4:14
15. Fudgesicle (Chambers/Novello/Sheehan) – 1:40

Musisi :
Billy Sheehan:
Bass
John Novello: Hammond B3
Dennis Chambers: drum.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker