Review

BRAND X – THE X FILES A 20 YEARS RETROSPECTIVE

BRAND X – THE X FILES A 20 YEARS RETROSPECTIVE
Musea FGBG 4383.AR

Komposisi:
Disc 1 :
The X-Files Theme ; Nuclear Burn/Cambodia ; True to the Click ; Healing Dream ; Thalidomide Squid ; Born Pretty in a Disco ; Noddy Goes to Sweden ; Kugelblitz ; Don’t Make Waves ; John “No” Doe (57:59)

Disc 2 :
Dance of Life ; Saladin ; Inseminator ; G Storm ; Measure the Sky ; Here I Am Now ; Animal ; Love Notes ; The Ocean ; Last of the Mohicans ; $10,000 Bookshelf ; Finger Power ; From a Mountain Top . (69:01)


Musisi :
John Goodsall : Guitar (Acoustic), Guitar, MIDI Guitar, Guitar (12 String Acoustic)
Percy Jones : Bass,
Robin Lumley : Keyboards
Bill Bruford : Drums
Phil Collins : Drums
Chester Thompson : Drums
Shankar : Violin
Malcolm Bruce : Guitar, Keyboards, Vocals
Ronnie Ciago : Gong, Keyboards, Tabla, Shaker, African Bells
Mike Clarke : Drums
John Giblin : Bass
Preston Heyman : Percussion
Douglas Lunn : Bass
Van Manakas : Guitar
Pierre Moerlen : Drums
Morris Pert : Percussion
Marc Wagnon : MIDI Vibes
Danny Wilding : Flute
Franz Pusch : Synthesizer
Frank Katz : Drums
Jeff Llewelyn : Guitar
Kris Sjobring : Keyboards


Beli Album ini

Album X-Files yang tahun 2001 dikeluarkan label Musea sebenarnya sebelumnya sudah dirilis oleh Outer Music pada tahun 1989. Ada yang menarik dari album kompilasi Brand X “X-Files a 20 year retrospective” yang dibuat dalam dua disc. Disc pertama mungkin tidak terlalu istimewa bagi yang sudah banyak mendengar Brand X – sebuah grup jazz rock-progressive yang dimotori oleh Percy Jones (PJ) dan John Goodsall (JG) – karena hanya berisi beberapa versi live lagu-lagu mereka dari beberapa formasi Brand X antara lain pada era Phil Collins sampai yang sekarang dan pada live 1997 di Japan dibantu juga oleh Pierre Moerlen. Beberapa yang menarik dari Disc 1 adalah pada lagu Healing dream dimana JG bermain solo guitar dan John ‘No’ Doe dari rekaman studio tahun 1976 yang belum pernah dirilis bahkan selain PJ dan JG pemain pendukungnya di lagu ini sudah tidak diketahui.

Memasuki mendengarkan Disc 2 baru banyak sesuatu yang menarik disini, disc ini tidak berisi lagu-lagu dari Brand X tapi merupakan kompilasi dari proyek-proyek John Goodsall dan Percy Jones dan beberapa proyek memang sangat menarik dan memberikan surprise.

Lagu pertama “Dance of Live” diambil dari “Goodsall-Chiago Project ’97” mengingatkan pada Mahavishnu Orch. dan Shakti dari John McLaughlin. Duet gitar akustik JG yang mengimitasi suara sitar dan permainan tabla juga beberapa perkusi dan keyboard dari Ronnie Chiago menampilkan nuansa timur atau India. Lagu kedua “saladin” diambil dari grup “Fire Merchant” bentukan JG bersama Chester Thompson (dr) dan Doug Luun (bs) di lagu ini nuansa yang mendekati kearah progressive metal terasa walaupun warna fusion ala Brand X juga muncul. “inseminator” diambil dari “Percy Jones Tunnels’93” yang dibantu Franz Katz (dr), Marc Wagnon (midi-vibes) dan Van manakas (g), grup ini sepertinya embrio dari Brand X formasi baru setelah JG juga ikut bergabung musiknya mengingatkan pada musik Bill Brufford terutama album “One of Kind” yang kental dengan warna fusion. Lagu “G.Storm” diambil dari album Danny Wilding (flute) “Pleasure Signal”, dimana melibatkan JG, Phill Collins dan John Giblin musiknya bernuansa jazz fusion dengan permainan flute yang mendominasi. Lagu ke 5 dan 6 “Measure The Sky” dan “Here I Am Now” berasal dari JG Project’77 yang dibantu oleh Bayete (vc, ky) dan Donny Harvey (bs) yang merupakan anggota Automatic Man. Selain itu yang menarik adalah disini drum dimainkan oleh Bill Brufford, musiknya walaupun masih bernuansa jazz rock dan fusion dan nafas Canterbury (terutama pada here I Am Now) tapi permainan grup ini sangat menarik. Tampaknya Bill Bruford juga cukup berperan dalam mengolah musiknya. Lagu ke 7 dan 8 dan 13 merupakan lagu dari “Floor Project’88” dari JG yang diklaim oleh JG sebagai grup avant garde-alternative dan salah satu proyek favorit dari JG tapi pada lagu “Animal” warna rock nya sangat kental dengan sentuhan fusion dan funk mungkin similar untuk era sekarang semacam proyek seperti LTE (Liquid Tension Experiment) hanya pada lagu “Love Note” diisi warna vokal ala musik alternative oleh Krash dan “From a Mountain” ada gaya funk dan reggae dengan vokal dari JG dan cuplikan suara Martin Luther King Jr. Komposisi ke 9 “The Ocean” diambil dari Malcolm Bruce (v, gt,ky putra dari Jack Bruce) Project ’97” bersama Percy Jones (bs) dan Pieree Moerlen (dr) musiknya fusion dan cenderung ke R&B. Lagu ke 10 “Last Mohicans” menampilkan permainan solo Percy Jones yang mengekplorasi permainan bass dan programing dengan memasukkan elemen-elemen musik hip-hop diambil dari Percy Jones Japan Tour ’99.
“$10.000 Bookshelf” dari Percy Jones Propeller Music ’90 sebagai lagu berikutnya dibantu oleh Mike Clark (dr), L. Shankar (violin) dan Jeff Llewelyn (g) dengan warna musiknya masih jazz rock – fusion hanya dengan nuansa timur dimana permainan violin oleh L. Shankar yang memberi nuansa lain dapat dikatakan Brand X meet Shankar. “Finger Power” meampilkan duet PJ dan Franz Katz gaya musiknya mirip Brand X pada album “manifesto destiny” dengan eksplorasi bass dan drums yang dipadukan dengan eksplorasi suara synthesizer.

Bagi yang suka dan tertarik dengan Brand X maupun sepak terjang para personilnya dalam bermusik album ini cukup mewakili dan sangat direkomendasikan. (Ajie/WJ)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker