Review

Pat Metheny Group – Speaking Of Now

Pat Metheny Group atau yang lebih populer dikenal dengan singkatan PMG adalah sebuah nama kelompok yang sering ditungu-tunggu oleh sebagian pecinta musik jazz. Namun selain Speaking of Now merupakan album terbaru dari PMG yang dikeluarkan pada awal tahun 2002 ini, album ini juga memunculkan nama-nama anggota baru dan beberapa anggota lama yang sudah tidak ada lagi. Para anggota PMG baru itu antara lain Cuong Vu, Richard Bona dan Antonio Sanchez. Untuk pertama kalinya juga PMG menambah pemain yang bermain trumpet sebagai instrumen utama (sekalipun dalam formasi sebelumnya Mark Ledford dan David Blamires kadangkala juga bermain trumpet). Kalau sekilas disimak, masih terasa kental dengan konsep-konsep pada sebagian album PMG sebelumnya dan bukan pengembangan dari album terakhir Imaginary Day. Penambahan instrumen trumpet yang sebelumnya saya kira dapat membawa nuansa baru atau berbeda dari album-album PMG sebelumnya ternyata perkiraan saya tersebut meleset alias masih sama saja. Cuong Vu hanya sekedar menjadi pelengkap, sedikit membawa suasana baru di beberapa lagu saja dan itupun tidak menonjol. Mengapa menjadi lebih lembut kalau dibandingkan dengan album Cuong Vu sendiri atau ketika dia yang banyak membantu musisi-musisi downtown New York? Kemungkinan album ini hanya merupakan uji coba/eksperimen Metheny saja apakah untuk perkembangan ke depan menjadi menarik atau tidak.

Satu hal yang disayangkan dalam album ini adalah ketidakhadiran Paul Wertico di mana karakter permainan Wertico sangat mempengaruhi warna musik PMG terutama dalam variasi beat-nya. Sanchez kali ini tidak banyak menawarkan warna ritmik yang baru dari pemain drum pendahulunya sekalipun masih cukup bagus dan kreatif. Pada satu sisi konsep kelompok ini tidak banyak berubah atau katakanlah malah set back ke eighties. Di lain sisi, album ini masih cukup menarik dan kreatif sekalipun agak sulit untuk dijadikan salah satu album unggulan mereka. Serta dalam konteks komparasi pemain perkusi dan drumnya (ada sebagian kalangan menilai bahwa ciri khas ritmik sangat penting dalam membentuk dinamika PMG) ada perbedaan yang tipis dengan formasi yang sebelumnya. Richard Bona dan Cuong Vu juga tidak terlalu mengecewakan mengisi voice di album ini.

Peran yang tetap menonjol jelas masih pada “pemain inti” Pat Metheny, Lyle Mays dan Steve Rodby. Ada kematangan emosi, keindahan dan skill yang tetap melingkupi penampilan mereka dengan proporsional dan tidak monoton. Secara keseluruhan album ini barangkali menjadi sebuah titik keberangkatan dari awal lagi PMG dalam melihat potensi-potensi ke depan. Terutama tentunya bagi para penggemar fanatik PMG album ini menjadi sebuah “kewajiban” untuk menambah penuh ruangan dalam deretan koleksi PMG. Sejauh ini belum tersiar kabar album ini akan diproduksi di Indonesia dalam bentuk kaset (atau malah tidak mungkin terjadi mengingat keadaan kita sekarang ini) dan untuk sementara ini sudah tersedia dalam bentuk CD produksi lokal di mana harganya dapat relatif terjangkau kalau dibandingkan dengan CD import. (Erwin/Ceto/WJ)

Warner Bros 9 48025-2

Komposisi:
1. As It Is 7:40
2. Proof 10:13
3. Another Life 7:08
4. The Gathering Sky 9:22
5. You 8:24
6. On Her Way 6:04
7. A Place In The World 9:25
8. Afternoon 4:43
9. Wherever You Go 8:04

Musisi :
Pat Metheny: gitar elektrik, akustik & gitar synth
Lyle Mays: piano & keyboard
Steve Rodby: bass
Richard Bona vokal & perkusi
Cuong Vu: trumpet & vokal
Antonio Sanchez: drum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker