Review

RARE BLEND – INFINITY

RARE BLEND – INFINITY
1995 TSM PRODUCTIONS

Komposisi:
1. Zhadum 7:06
2. Funk Ovulation Shuffle 4:37
3. Twice Upon a Time 5:19
4. Cold days Hot Night 5:32
5. Kitchen Cinque 3:39
6. Blue Diamonds 5:56
7. Chicken Babe 4:46
8. Blue Samba 3:55
9. Java Jam 5:42

Musisi :
Victor Samalot : Guitar
Bobby Holt :
Keyboard
Jeff Scott :
Bass Guitar
Paul Stranahan :
Drums & Percussion

Grup dari Cleveland Ohio ini sepertinya menyesuaikan nama bandnya dengan gaya musik yang mereka mainkan, dengan gabungan dari para pemainnya yang memiliki influence dari grup dan musik yang berbeda-beda. Secara keseluruhan dari gaya musik mereka yang menonjol adalah jazz rock yang kental, dengan perpaduan yang hampir seimbang antara porsi nuansa jazz dan rock, permainan gitar dari Victor Samalot dan bass dari Jeff Scott banyak berperan dalam membangun nuansa jazz dalam grup ini sedangkan permainan keyboard lebih banyak membangun nuansa rock meskipun kadang permainan dari Bobbi Holt sangat “jazz” di beberapa part, dan permainan drum dari Paul Stranahan cukup variatif untuk mendukung musik yang mereka mainkan.

Beberapa lagu yang cukup menonjol dalam album ini antara lain ‘Funk Ovulation Shuffle’ yang mengingatkan kita pada kolaborasi gitaris Jeff Beck dan keyboardist Jan Hammer pada tahun 80-an. ‘Blue Samba’ juga merupakan komposisi yang cukup unik dan lebih kental unsur progresive rock disini kadang mengingatkan pada musik Gentle Giant tapi dipadu dengan jazz, selain permainan gitar dari Victor Samalot juga permainan walking bass dari Jeff Scott di beberapa part lagu ini membuat lagu ini cukup menonjol dan unik. ‘Twist Upon A Time’ dan ‘Kitchen Cinque’ juga lebih menonjol unsur progressive rocknya, sedangkan ‘Cool days Hot Night’ dan ‘Blue Diamond ‘berat ke gaya jazz fusion. Sedangkan di salah satu lagu yang menjadi favorit saya di album ini yaitu ‘Zhadum’ mereka melakukan perpaduan jazz dan rock dengan bagus sekali.

Tidak salah kalau menengarkan album Infinty dari Rare Blend ini kita seperti dijamu oleh bermacam variasi perpaduan jazz dan rock dan dengan begitu album ini tidak akan bosan untuk didengarkan, meskipun yang patut disayangkan adalah pengaruh-pengaruh dari grup-grup atau musisi yang mempengaruhi mereka masih tampak dan agak mengurangi sedikit ke orisinalistasan dari musik mereka, tapi memang secara keseluruhan mereka memainkan komposisi-komposisi original mereka dengan rapi dan bagus. (Ajie/*/WJ)

Link terkait:

Beli album ini
Beli album Rare Blend yang lain

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker