Review

Waldron – Haslam

Kolaborasi antara Mal Waldron dan baritone saxophonist George Haslam ini menghasilkan album yang cukup unik dan berisi permainan mereka yang sangat variatif mulai dari mainstream jazz, post bop hingga free jazz. Haslam sendiri di kenal sebagai musisi dari Inggris yang memiliki aktififitas, baik dalam musik jazz maupun improvised music dan avant garde, di album inilah kita juga bisa mendengarkan ketrampilan permainan piano dari Waldron dengan gaya yang sangat bervariatif.

Duet mereka dalam “I Got It Bad (And That Ain’t Good)” karya Duke Ellington, “If I Where A Bell” karya Frank Loesser dan “Somewhere” karya Leonard Bernstein dari West Side Story bergaya mainstream jazz dan permainan mereka sangat lembut dan impressive dan malahan terkesan romantis. Permainan yang energic juga ditampilkan dalam “A Time For Duke” karya Mala Waldron dan “The Vortex” karya George Haslam, terutama dalam “The Vortex” permainan mereka lebih ke modern jazz kadang terdengar unsur klasikal dalam permainan mereka, dalam album ini mereka juga menginterpretasikan dan mengaransemen dengan sangat bagus karya klasik Brahms yang bertitel “Variation On Brahms 3. Mvt. 3”. Dalam dua lagu bertitel “Catch As Catch Should” dan “Motion Order” mereka berdua bermain dalam gaya post bop sampai free jazz, dengan imrpovisasi yang bebas dan melakukan counterpoint dengan sangat bagus dalam permainan duet mereka, terutama dalam “Motion In Order” dengan durasi yang panjang 18 menit 47 detik mereka dapat melakukan improvisasi yang seluas-luasnya. Dan salut untuk mereka berdua yang telah menunjukkan kemampuan dalam menyuguhkan berbagai gaya jazz dengan memperluas teritorial dari musik jazz itu sendiri.

Waldron – Haslam
1995, Slam Records SLAMCD 305

Komposisi:
1. I Got It bad (And That Ain’t Good) (8:15)
2. If I Were A Bell (8:06)
3. Catch As Catch Should (7:07)
4. Somewhere (5:39)
5. Variation On Brahms 3. Mvt. 3 (4:47)
6. A Time For Duke (7:00)
7. The Vortex (8:44) Motion In Order (18:47)

Musisi :
Mal Waldron : Piano
George Haslam : Baritone Saxophone


Link terkait:

www.blacksaint.com
http://members.aol.com/slamprods/
www.jazzaround.com

Ajie Wartono

Memimpin divisi Projects & Event Management. Pernah mengikuti Dutch Jazz Meeting di Amsterdam, Belanda. Selama dua tahun dipercaya menjadi Ketua Festival Kesenian Yogyakarta (2007, 2008) selain sebagai Program Director, Bali Jazz Festival dan Ngayogjazz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker