Review

JOEL HARRISON – FREE COUNTRY

JOEL HARRISON – FREE COUNTRY
ACT Music – 9419-2, 2003

Komposisi:
1. I Walk The Line 5:04
2. Lonesome Road Blues 3:29
3. Wayfaring Stranger 6:47
4. This Land Is Your land 6:01
5. Twelve Gates To The City 4:56
6. Tennessee Waltz 6:09
7. Hell Broke Loose In Georgia 5:24
8. Folsom Prison Blues 6:39
9. Tender Years 3:12
10. Will The Circle Be Unbroken 6:05
11. Sing Me Back Home 3:36
12. Lone Pilgrim 8:16

Musisi :
Joel Harrison : electric guitar, fretless guitar, stelel guitar, vocal
David Binney : saxophone, sampler
Rob Thomas : violin
Sean Conly : bass
Stephan Crump : bass
Allison Miller : drums
Dan Weiss : drums
Norah Jones : vocal
Jen Chapin : vocal
Raz Kennedy : vocal
Uri Caine : piano
Tony Cedras : accordion
Todd Isler : percussions
Rob Burger : Keyboards
Free Country adalah album terbaru dari gitaris Joel Harrison, album ini menampilkan musik-musik country dan appalachian Amerika yang diaransemen dan direinterprestasikan lagi oleh Harrison, aransemen yang dibuat oleh Harrison banyak dipengaruhi oleh latar belakang ketertarikan musikalnya yang sangat beragam, mulai dari jazz, Klasik modern, folk, R&B sampai free improve sehingga membuat aransemen lagu-lagu pada album ini menjadi sangat menarik, unik dan tidak biasa bahkan kadang terkesan sangat improvisasional dan sedikit radikal. meskipun begitu Harrison tetap tidak sama sekali menghilangkan atau mengalienasi alur lagu aslinya tetapi lebih menyesuaikan dengan perkembangan musik saat ini, dan hal inilah yang sangat menarik karena meskipun lagu-lagunya banyak yang merupakan lagu folk dan tradisional tapi Harrison membuat(sound)nya terdengar modern.

Album ini juga disukung oleh para musisi handal dan mereka dapat berperan dalam posisinya masing-masing untuk menyesuaikan dengan ide-ide Joel Harrison sehinga album ini terasa sangat “Free Country”. Pianis Uri Caine dari “Downtown Music Scene” yang terkenal sangat kreatif menampilkan permainan piano yang cantik dan bisa digambarkan sebagai perpaduan Charles Ives dan Duke Ellington, Rob Thomas (anggota String Trio of New York saat ini) dengan permainan violinnya juga dapat menampilkan aksen country yang unik ditambah Tony Cedras dengan permainna accordionnya yang mempertajam ide-ide Harrison dengan “Free Country” -nya.

Yang menarik lagi adalah tampilnya vokalis yang saat ini bintangnya sedang bersinar yaitu Norah Jones yang tampil memikat dengan suaranya yang khas di lagu “I Walk The Line” dan sebuah lagu country klasik “Tennesse Waltz”. Vokalis Jen Chapin yang mempunyai warna suara lebih dekat ke blues juga tampil memikat dengan duet vokalnya bersama Joel Harrison di lagu “Lonesome Road Blues” dan “Sing Me Back Home”, dalam hal Harrison sangat jeli dalam memilih vokalis untuk membawakan lagu-lagu yang sesuai dengan karakter vokalnya. Yang juga merupakan terobosan dalam album ini adalah keterlibatan unsur musik elektronik dimana digunakan sebuah “cassete machine” dan “sampler” untuk lagu “Wayfaring Stranger” dan “Hell Broke Loose In Georgia” untuk membuat sebuah sound effect sebagai penguat kesan yang ingin ditunjukkan oleh Harrison sesuai interpretasinya terhadap lagu tersebut.

Tidak berlebihan kiranya kalau album ini dikatakan merupakan album yang cukup layak untuk diapresiasi selain apa yang sudah dikupas diatas, dalam album ini juga menunjukkan kejelian dan ketrampilan musikal dari Joel Harrison untuk memadukan elemen-elemen yang berbeda dan juga antara yang tradisional dan yang modern menjadi suatu perpaduan yang baru dan utuh tapi tanpa menghilangkan jejak aslinya. (Ajie/*/WJ)

Link terkait:
Website Joel Harrison
Website ACT Music

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker