Review

DEBBIE FLEMING – STEPPIN’ OUT


Fleming Songs Publishing

Komposisi:
1. Let’s Jive
2. Qué Pasa
3. Cuban Night
4. Corner of My Mind
5. Girl Time
6. Bing Bang
7. One More Birthday Blues
8. More In Love
9. Crazy In Love
10. No More Bebop
11. A Bad Goodbye

Musisi :
Debbie Fleming Vocals


Album pertama dari Debbie Fleming ini memang menggoda, hampir semua element standard jazz dituangkan kedalam album ini, mulai dari standard jazz seperti swing, bossa, blues, afro sampai jazzy. Cheerful and Playful, ceria dan mengasikkan, demikian jika mau dideskripsikan secara umum karena kepiawaiannya dalam mengaduk lagu menjadi satu adonan album yang menyajikan berbagai cita rasa.

Semua lagu ditulis sendiri, diaransemen dan dinyanyikan sendiri bahkan diproduksi sendiri. Wanita penuh talenta ini mempunyai aspek yang sangat banyak dalam kehidupannya. Kesemua aspek ini dituangkan ke album Steppin’ Out yang sedikit menggambarkan langkah awal refleksi diri dalam olah vokal dengan musik bertajuk JAZZ. Walaupun tidak mempunyai kualitas vokal seperti Ella Fitzgerald, Dinah Washington atau Billie Holiday yang kita kenal dalam aliran swing tapi Debbie mampu membalikkan kenyataan bahwa suaranya pantas dilantukan dalam swing dengan teknik olah vokal yang baik.

Sebagai pembuka, “Let’s Jive” mengajak kita untuk bergoyang diantara musik yang popular di tahun 30’an yang dilantunkan dalam swing, sedikit cerita diungkapkan dalam lirik lagu yang sedikit berunsur balada mengenai tahun 30’an dimana ragtime sering dimainkan di New Orleans dan Dixieland dalam masa jaya. Lirik lagu yang penuh keceriaan juga dapat kita simak di lagu berikutnya dengan gaya Latin, “Qué Pasa” juga “Cuban Night” walaupun tempo sedikit pelan.

“Corner of My Mind” dan “Girl Time” disajikan lebih santai, suasana remang dengan spotlight bisa digambarkan sebagai cara untuk menikmati lagu ini, layaknya dalam sebuah lounge. Aroma Salsa bisa kita nikmati dalam lagu berikutnya, “Bing Bang”, ritmik latinnya sangat menggoda untuk ikut berdansa dalam aliran nada dinamis ala amerika latin.

Sedikit menyimpang ke saudara sendiri, “One More Birthday Blues” menampilkan permainan piano dan sax khas yang sering kita temukan dalam lagu-lagu milik Ray Charles dan kawan-kawan yang kita kenal dalam dunia musik blues. Terang warna dalam album ini dapat kita temukan dalam lagu “No More Bebop” yang menceritakan kejenuhan akan bebop, berulang kali judul lagu ini dinyanyikan sampai ditekankan dan diejakan berulang kali.

Seolah tidak ingin berpisah, lagu penutup disajikan agak jazzy dengan judul “A Bad Goodbye” mengindikasikan keinginannya untuk bertemu kembali dengan menceritakan satu kisah cinta yang tidak ingin dipisahkan secara buruk. (*/L3X/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker