Review

DEBORAH BROWN – SONGBIRD


Jazz n Pulz


Komposisi:
1. Alone Together
2. Call It Whatcha Wanna
3. Emily
4. Gee Baby, Ain’t I Good To You?
5. Long Distance Love
6. Medley….Songbird / April In Paris / I’ve Grown Accustomed To H
7. Nobody Else But Me
8. Weaver Of Dreams
9. A Little Tear

Musisi :
Deborah Brown: vocal
George Colligan:
Joris Teepe:
Gene Jackson
:
Biduanita bertubuh besar ini bukanlah orang baru dalam dunia Jazz, dia telah melanglang buana menjelajahi lebih dari 50 negara, suaranya telah terekam ke dalam 11 album. Bahkan belasan festival telah menampilkannya termasuk North Sea Jazz.

Mendedikasikan diri kedalam jazz, terutama swing, itulah yang bisa kita lihat dari seorang Deborah Brown. Melantunkan lagu evergreen atau standard jazz adalah lazim bagi musisi dan begitu juga Deborah, di album ini dia menampilkan “Gee baby, Ain’t I Good To You” kedalam nuansa yang sangat berbeda, sangat pelan dan penuh improvisasi.

Walaupun oktaf suaranya termasuk kategori rendah, namun olah vokalnya tidak diragukan lagi dengan improvisasi nada dan sketching yang mantap, simak saja “Alone Together”, dan “Call It Watcha Wanna”. Mampu mengimbangi kekurangan di oktaf dengan olah pernapasan yang luar biasa. Suaranya mampu menjangkau nada rendah dengan baik bahkan di improvisasi, dengarkan saja “Weaver of Dreams”, diselingi oleh solo pianisnya, lagu ini memiliki daya tarik tersendiri.

Selain olah suara, musisi pendukungnya juga bagus, permainan apik dari pianis, basis dan drummernya menyajikan lagu yang mampu membuat kita swing bersama, take bergantian tidak ada dominasi satu pemain untuk tampil istimewa.

Untuk menghasilkan satu lagu yang bisa diterima, tidak perlu satu musisi yang mampu mengontrol dan mengatur jalannya alur melainkan kerjasama yang harmonis juga akan menghasilkan hits.(*/L3X/WartaJazz.com)

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker