Review

PETE ZIMMER – BURNIN’ LIVE @ JAZZ STANDARD


Tippin’ Records

Komposisi:
1. Woodside Blues;
2. Getting Dizzy
3. Doin’ Somethin
4. Brush Pitch
5. Waltz For Opp
6. A Whole New You.

Musisi :
Pete Zimmer: drums
Michael Rodriguez: trumpet, flugelhorn
Joel Frahm: tenor sax
Toru Dodo: piano
David Wong: bass.

Pete Zimmer, seorang musisi lulusan dari North Ilinois University dan New England Conservatory yang juga pernah berguru dengan seorang pianis asal Panama, Danilo Perez bukanlah musisi yang memainkan instrumen menonjol dalam satu band. Biasanya satu band jazz dimotori oleh pianis atau saxophonis atau gitaris, Quintet ini dimotori oleh seorang drummer. Permainan Hard Bob adalah jenis yang digusung oleh Quintet ini, satu genre memiliki ciri tempo cepat.

Pete Zimmer menepis ceruk jazz yang dinominasi instrumen yang lebih vokal dibanding drum yang lebih cenderung sebagai pengiring. Dari delapan lagu yang ditulis pada album ini, 6 diantaranya adalah asli coretan pena Pete, sedangkan dua lagi adalah karya dari pianist Toru Dodo dan Joel Frahm, seorang saxophonis tenor.

Permainan yang dihadirkan seolah merefleksikan kembali musik pada tahun 50’an dengan apik. Lagu-lagu yang ditampilkan mempunyai energi kuat pada harmonisasi, tidak didominasi Pete walaupun dia adalah motor dan otak dari nada yang dilantunkan. Kesempatan berdialog masing-masing musisi sering dilakukan dan tetap menjaga keindahan lagu walaupun improvisasi setiap personil agak berbeda.

“Woodside Blues” adalah lagu pertama sekaligus lagu yang membuka awal dialog antar instrument, lagu dengan durasi 13menit ini menyajikan satu contoh harmonisasi antar inprovisasi. “Doin’ Somethin’ ” membawa keceriaan dalam ruangan, sedangkan “A Whole New You” memberikan energi dalam setiap nada yang dihasilkan. Pete berhasil membawakan satu jiwa dalam interaksi antar quintet, menciptakan keindahan lagu daripada menghasilkan seorang dominan. (*/L3X/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker