Review

DRENE IVY – PARADISE

Drene Ivy

Komposisi:

1. Woodside Blues;

2. Getting Dizzy

3. Doin’ Somethin

4. Brush Pitch

5. Waltz For Opp

6. A Whole New You.

Musisi :

Pete Zimmer: drums

Michael Rodriguez: trumpet, flugelhorn

Joel Frahm: tenor sax

Toru Dodo: piano

David Wong: bass.

Drene Ivy mulai belajar Piano sejak berumur 4 tahun. Pada umur 5 dia memulai sekolah musik formal. Tidak hanya menekuni instumen piano, dia juga belajar perkusi dan komposisi dan dia mahir memainkan timpani/kettledrum.

Drene memainkan beberapa musik diantaranya instrumental/easy listening, klasik, jazz dan gospel. Album ‘Paradise’ atau ‘Surga’ dalam bahasa Indonesia sudah menggambarkan isi dari album yang bertajuk rohani, simak saja dari judul-judul lagu yang ada didalam album ini. Beberapa diantaranya diangkat dari lagu-lagu gereja terkenal seperti, “As The Deer” atau yang kita kenal sebagai “Seperti Rusa”, “He Leadeth Me” yang sering dilantunkan sebagai “Tuhan Menuntun Hidupku”, “Great is Thy Faithfulness” yang juga dikenal dengan judul “Besar SetiaMu” dan beberapa nomor lagi.

Lagu-lagu gospel ini tidak ditampilkan dalam gaya standard dalam musik gereja tapi telah diberikan pemanis yaitu balutan jazzy dan swing. Semua musik ini di album ini dibuat sangat rapi hanya dengan menggunakan keyboard saja untuk mengemulasikan alat musik lainnya seperti drum, suling, bass juga piano itu sendiri sebagai instrumen utama. Gaya improvisasinya condong ke gaya swing dengan permainan nada mayor/minor dan sisipan nada miring disesuaikan dengan judul. Ada nomor yang benar-benar menampilkan gaya instrumental biasa seperti pada lagu “As The Deer” dimana balutan jazzy hanya sedikit berperan.

Pandai mengikuti arus dan tanggap menyesuaikan permainan sesuai dengan karakter lagu, itulah yang bisa dideskripsikan. Semua ini didapat dari tempaan sekolah-sekolah musik yang pernah menggemblengnya juga kedewasaan bermusik yang didapat dari mengajar komposisi jazz dan piano di Houston Board of Education and Jazz History.

Jenuh dengan musik gerejawi yang begitu-begitu saja? Coba dengarkan album bertajuk “Surga” ini, tidak hanya sebagai lagu rohani melainkan pantas untuk didengarkan dalam kacamata musik smooth jazz.(*/L3X/WartaJazz.com)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker