Review

DAVE KOZ – AT THE MOVIES

DAVE KOZ – AT THE MOVIES
Capitol Records, 2007

Dave Koz - At the MoviesKomposisi:
1. Over the Rainbow
2. Moon River
3. As Time Goes By
4. Somewhere
5. The Shadow of Your Smile
6. The Pink Panther
7. The Way We Were
8. The Summer Knows
9. It Might Be You
10. Cinema Paradiso Suite
11. A Whole New World
12. Schindler’s List
13. It Might Be You (instrumental)
14. The Shadow of Your Smile (instrumental)
15. Manusia Bodoh (with Ada Band)

Musisi :
Dave Koz (saxophone); Chris Botti (trumpet); Peter White (guitar); Barry Manilow (vokal, 2); Anita Baker (vokal, 4); Johnny Mathis (vokal, 5); Vanessa Williams (vokal, 7); India.Arie (vokal, 9); Donna Summer (vokal, 11), ADA Band (15)
Bagi penulis saat menonton sebuah film, terlebih di bioskop, duduk santai dengan mematikan sebaian besar lampu, pandangan tertuju ke layar dan selama durasi waktu film tersebut seolah kita terbawa oleh sebuah realita lain. Banyak hal yang bisa didapatkan dalam kesempatan tersebut.

Selain itu, kesan audiovisual selalu akan terngiang – ngiang dalam waktu yang relatif lama. Sebaliknya, sering kali juga kalau mendengarkan musik jazz atau musik yang lain, ingatan kita terbawa ke dalam sebuah suasana dan situasi tertentu dalam sebuah film.

Barangkali juga Dave Koz mengalami hal yang sama sehingga dia mempunyai ide untuk mengeluarkan album “At The Movies” ini. Menurut Dave koz sendiri, ada banyak kenangan yang didapatkan ketika menyaksikan karya – karya film terkemuka. Termasuk berkaitan dengan soundtrack yang ada dalam film – film tersebut. Ada dua hal yang membuat Dave Koz melakukan hal ini. Dia menyukai filmnya maupun soundtracknya.

Album “At The Movies” ini terdiri dari 14 tembang yang semuanya mengacu kepada kenangan Dave Koz terhadap film tertentu. Seperti tembang ‘Over The Rainbow’ yang terinspirasi dari film klasik Hollywood “The Wizard Of Oz”, ‘Somewhere’ dari film “West Side Story”, ‘It Might Be You’ dari film “Tootsie” sampai ‘A Whole New World’ dari film animasi “Aladdin” dan masih banyak lagi.

Para musisi yang terlibat dalam album ini pun sudah mempunyai kelasnya tersendiri. Tidak tanggung – tanggung, Dave Koz mengajak para vokalis terkemuka sekelas Barry Manilow, Anita Baker, Johnny Mathis, Vanessa Williams, India Arie maupun Donna Summer. Selain itu, dia juga mengajak trumpeter muda yang sedang naik daun saat ini, Chris Botti dan gitaris smooth jazz terkenal Peter White. Sebagai tambahan, album “At The Movies” versi Indonesia malah mengajak Donnie, vokalis kelompok musik pop Ada. Donnie tampil dalam tembang ‘Manusia Bodoh’, yang hanya ada dalam versi Indonesia ini.

Dubbing tembang ‘Over The Rainbow’ asli yang diambil dari film pemenang Oscar di tahun 1940, membuka album ini dengan langsung disambut oleh tiupan lembut Dave Koz yang diiringi oleh orkestrasi yang membuai. Tiupan saxophone kembali mendayu – dayu mengalir menapaki melodi tembang ‘Moon River’ yang diikuti dengan penampilan Barry Manilow yang khas. Tembang ‘As Time Goes By’ diangkat dari film klasik Hollywood yang juga peraih penghargaan Oscar di tahun 1942, “Casablanca”, dimainkan dengan menggunakan sopran saxophone. Tembang itu dibuka dengan cuplikan percakapan bintang film Humphrey Bogart dan Ingrid Bergman. Kemudian Anita Baker tampil dalam tembang ‘Somewhere’ yang terkesan sedikit tercium aroma bossasnya.

‘The Shadow Of Your Smile’, muncul dua kali dalam album ini. Pertama merupakan tembang instrumental yang menonjolkan permainan trumpet Chris Botti dan gitaris Peter White. Di kesempatan kedua, menampilkan vokalis Johnny Mathis. Tembang ini diangkat dari film “The Sandpiper”. Hal serupa juga dilakukan Dave Koz dalam tembang ‘It Might Be You’, yang dimainkannya dalam dua versi. Versi instrumental dengan bintang tamu gitaris Peter White dan versi vokalnya dinyanyikan oleh India Arie. Setelah mendengarkan tembang ini, serasa kita terbawa di era 1980an ketika Dustin Hoffman yang berdandan seperti perempuan dalam film ‘Tootsie’. Dengan iringan big band, nuansa yang terasa lebih nge-jazz muncul dari tembang ciptaan Henry Mancini yang melodinya sudah akrab, “Pink Panther”. Dalam lagu tersebut Dave koz juga menggunakan sopran saxophone. Sedangkan ‘The Way We Were’ yang dilantunkan oleh vokalis Vanessa Williams memang terasa sedikit lebih syahdu. Sementara ‘A Whole New World’ tampil dalam bentuk yang lebih ngepop dengan menampilkan vokalis Donna Summer.

Sebagian besar penampilan Dave Koz dalam album ini terasa romantis dengan memainkan apa adanya melodi dalam setiap tembangnya. Minim sekali akan interprestasi kreatif yang muncul dari Dave Koz sendiri yang barangkali juga untuk mengambil jalan aman. Album ini memang lebih aman kalau disebut musik instrumental saja dibanding kalau menyebutnya sebaai sebuah album jazz. Jangan terus dibandingkan dengan salah satu proyek musik John Zorn, rangkaian album Filmworks, di mana John Zorn membuat interprestasi soundtrack film secara lebih kreatif dan bahkan radikal. (*/Ceto Mundiarso/WartaJazz.com)

Link terkait:
Website Hari Toledo
Website EMI

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker