Review

CARMEN BRADFORD / SHELLY BERG – HOME WITH YOU

Kolaborasi keunikan vokal dan keriangan permainan piano dapat Anda nikmati pada album Carmen Bradford / Shelly Berg yang menampilkan 13 komposisi duet keduanya. Sejatinya album bertitel “Home With You” yang dirilis Azica Records pada tahun 2004 ini merupakan album solo ketiga Carmen Bradford setelah “Finally Yours” (1992) dan “With Respect” (1993). Diluar 13 partisipasinya di banyak album yang diantaranya memberikan 4 kemenangan Grammy Award.

Dibuka dengan riang melalui “You Can Depend On Me” yang menegaskan kematangan olah vokal, improvisasi unison dan kemantapan pelafalan lirik Carmen Bradford bergantian dengan pertunjukan solo akustik piano Shelly Berg yang clean dan bernuansa riang. “My Shinning Hour” memberikan porsi yang hampir sama, improvisasi solo oleh Carmen Braford dan dilanjutkan dengan piano Shelly Berg untuk kemudian kembali ke tema lagu. Pergiliran improvisasi itu kembali dipertunjukkan pada lagu standard “Take The A Train”, “Georgia Brown”, dan “Singing in The Rain” yang memancarkan kehangatan dari keduanya.

Kemudian, “I Know What I’ve Got” karya Sid Robbin dibuka dengan solo piano panjang Shelly Berg yang meski dimainkan dalam tempo lambat tapi tetap memancarkan riak keriangan. Rasa itu mengkristal ketika Anda menyimak lagu berikutnya, “This Can’t Be Love” dan “How Sweet Is”. Di komposisi terakhir tadi, dapat didengar bagaimana matang teknik Carmen Bradford mengatur power vokalnya saat harus meniti nada tinggi atau melantukan desah nada rendah.

“Be The One” adalah pilihan lagu bertema gospel baik dari sisi lirik maupun aransemen. Anda akan terhanyut dengan olah vokal Carmen Bradford memuji Tuhan pada lagu itu. Shelly dengan sabar mengawal liukan vokal Carmen Bradford di lagu ini. Tapi tetap Shelly adalah Shelly. Tunggu sampai di ujung lagu dan simak bagaimana Shelly menutup lagu karya Melba Joyce, ibu dari Carmen Bradford.

Lagu jago adalah ballad bertajuk “Home With You” yang ditulis sendiri oleh Carmen Braford. Ia menyanyikan lagu itu dan berhasil membangun kerinduan pada kampung halaman yang telah lama ditinggal. Kenapa disebut lagu jago, penulis berpendapat aransemen lagu ini palinglah cair sehingga dapat dimasukkan ke dalam katagori musik populer. Sebabnya karena pengalaman panjang Shelly Berg dalam menangani artis pop dan musik film terjejak jelas di lagu ini.

Penutup album, “Wonder Why”, juga sebuah ballad yang bertema cinta yang kembali menegaskan kemampuan Shelly Berg dan Carmen Bradford bertranformasi dari anggapan rumitnya sebuah komposisi jazz kepada sebuah lagu yang mudah dicerna namun tetap dipondasikan oleh kepiawaian teknik bermusik saat mengolahnya.

CARMEN BRADFORD / SHELLY BERG – HOME WITH YOU
Azica Records

Komposisi:
1. You Can Depend On Me
2. My Shining Hour
3. Home With You Audio Sample
4. Take the A Train
5. I Know What I’ve Got
6. This Can’t Be Love
7. Be the One
8. Singing in the Rain
9. Street of Dreams
10. Georgia Brown
11. My Ideal
12. How Sweet It Is
Musisi:

Carmen Bradford: vocal
Shelly Berg: piano

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker