Review

Bubi Chen & His Fabulous 5

Judul Album: Bubi Chen & His Fabulous 5
Label: Irama
Tahun Rilis: 1962
Format: Piringan Hitam

bubi-chen-and-his-fabolous-5

Tracklist

1. Begin The Beguine
2. Comeback To Sorrento
3. Sakura
4. Torero
5. Moon River
6. Nanatsu Noko
7. La Paloma

Inilah album jazz Indonesia yang wajib diketahui penggemar jazz Indonesia. Album yang dirilis pada tahun 1962 oleh Irama milik almarhum Soejoso  Karsono atau akrab dengan panggilan mas Jos bisa dianggap sebagai cetak biru
album jazz yang berkecambah di negeri ini.

Bubi Chen memang memperlihatkan kepiawaian sebagai pianis jazz mumpuni. Dengan rasa jazz yang tersemat di jemarinya sederet repertoar yang sesungguhnya bukan komposisi jazz berubah menjadi kumparan jazz yang memikat.
Bubi Chen and His Faboulous 5 terdiri atas Bubi Chen (piano akustik), Jack Lemmers (gitar), At Asni (bas akustik), Sarono (drum) dan Nien Karsono (kelak menjadi isteri Jack Lemmers alias Jack Lesmana).

Repertoar yang di make over oleh Bubi Chen yang saat itu dijuluki Art Tatum from Asia itu antara lain adalah “Comeback To Sorrento” (lagu dari Italia), “Sakura “dan “Nanatsu Noko” (lagu dari Jepang) dan “Torrero” (lagu dari Spanyol) dan sederet repertoar standar seperti “Moon River” karya Mercer dan Mancini, “La Paloma” karya Yradier hingga “Begin The Beguine” karya Cole Porter.

Tradisi be-bop sangat kuat tercermin dari pola permainan piano Bubi Chen yang dikawal petikan gitar Jack Lemmers. Keduanya seolah pagut memagut dalam dialog yang kadang rapat, kadang sedikit merengsek keluar. Chemistry antara drummer Sarono dan bassist At Asni juga menyusupkan kontribusi dalam kendali beat di  setiap komposisi yang dimainkan.

Album ini direkam selama 3 hari di studio Irama seperti yang termaktub dalam liner notes pada back cover album ini : Rekaman dari lagu-lagu yang dimainkan oleh Bubi Chen and His Fabulous Five ini dilakukan pada malam hari mulai jam 21.00 hingga jam 04.00 pagi pada tanggal 17 Juli 1962 dan 20 Juli 1962″.

Sayangnya album monumental ini sangat sulit untuk diperoleh.Alangkah baiknya jika ada upaya untuk melakukan mastering ulang dalam bentuk CD.

Tags

Related Articles

One Comment

  1. saya masih ingat pada tahun 1960 (usia 22 tahun) sudah dijuluki the best pianist from asia. Pada tahun 1960 di Bandung bermain bersama Jack Lemmers (Lesmana) bertemu dengan Tony Scott (klarinet). Ia pemain piano yang luar biasa, saya masih ingat permainannya lagu All the things you are, sangat mengesankan. Kini tinggal di Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker